WASPADA PENIPUAN BISNIS ONLINE

Selasa, 18 September 20120 komentar



HIMBAUAN HUMAS
Saat ini sudah marak sekali sistem penjualan online. Siapa saja bisa berjualan melalui internet. Anda yang ingin memasuki dunia maya ini harus mempersiapkan bekal pengetahuan secukupnya agar jangan sampai Anda tertipu.

CIRI-CIRI BISNIS ONLINE PENIPUAN


1. ADA YANG SUDAH KOMPLAIN DAN MELAPORKAN
Bila sudah ada yang merasa tertipu biasanya para korban segera saling sharing dan saling melaporkan bisnis yang bersangkutan. Segera cari lebih tahu dari bisnis online tersebut chek dan richek dan jangan jadi korban berikutnya.

2. WHOIS DOMAINNYA PRIVATE/DISEMBUNYIKAN
Waspadalah jika informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya.

3. LIHAT TANGGAL MULAI BERDIRINYA BISNIS ONLINE TERSEBUT
Biasanya Bisnis seperti itu berumur tidak lama, dan selalu berganti-ganti identitas. Jika Bisnis tersebut masih relatif muda dan meragukan selidikilah lebih dahulu kapan mulai aktifnya.

4. IDENTITAS PEMILIKNYA TIDAK JELAS
Hati-hati jika tidak ada identitas yang jelas tentang pemiliknya. Tidak ada yang bertanggung-jawab atas website/bisnis ini.

5. HANYA DIKELOLA OLEH SATU ORANG
Bisnis seperti ini berpotensi penipuan, karena hanya dikelola oleh satu orang. Jika terjadi sesuatu padanya (seperti: kecelakaan/sakit/mati) maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan lagi, ini berpotensi scam terhadap pembeli yang membayar duluan tapi tidak mendapat produk.

6. ALAMATNYA TIDAK JELAS
Hindari bisnis online yang tidak memiliki alamat yang lengkap dan jelas.

7. TIDAK ADA NOMOR TELEPON LOKALNYA
Bisnis yang bisa dipercaya adalah jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi.

8. TIDAK ADA FOTO PEMILIKNYA
Bisnis online lebih bisa dipercaya jika pemiliknya dapat/berani menunjukkan foto dirinya.

9. ADA KEBOHONGAN DALAM ISI/KONTENNYA
Jangan percaya jika isinya terlalu membesar-besarkan dan/atau terdapat unsur-unsur penipuan. Tepatnya “berbohong untuk menarik pembeli“. Salah satu contoh kata-kata penipuan yang populer adalah: “Produk bonus ini akan hangus jika anda memesan setelah tanggal xxx“, dan “Rahasia mengambil uang di ATM tanpa kurangi saldo awal“.

10. SISTEM BISNISNYA TIDAK JELAS
Tidak dijelaskan secara transparan, dan ada hal-hal yang disembunyikan. Banyak sekali penipu yang melakukan hal ini. Jangan mengikuti/membeli jika anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis tersebut.

11. PRODUKNYA BURUK
Hati-hati, jika produknya ilegal, atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan, atau tidak berkualitas, dan hanya sebagai label/kamuflase untuk melakukan penipuan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger