APEL KESIAPAN OPERASI KENANGA MERAPI 2012 DALAM RANGKA PENGAMANAN PERAYAAN 1 SYURO

Rabu, 14 November 20120 komentar



Polres Bantul menggelar apel kesiapan Operasi Kenanga Merapi 2012 dalam rangka pengamanan  perayaan 1 Syuro 1946 Jimakir /Tahun Baru Hijriyah 1434 di halaman Mapolres Bantul, Selasa, 14 November 2012 pukul 09.30 wib. Apel kesiapan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bantul Kompol Tb. M. Faisal R, SIK, MH dengan melibatkan ratusan personil jajaran Polres Bantul. Operasi ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 14 November 2012 sampai dengan 16 November 2012 dengan mengedepankan  kegiatan Preventif didukung kegiatan Intelijen dan kegiatan Penegakan Hukum guna menjamin keamanan seluruh masyarakat dalam merayakan / menyambut  1 Syuro 1946 Jimakir / Tahun Baru Hijriyah 1434 dengan aman, lancar, tertib dan terkendali.

Budaya dan tradisi masyarakat di wilayah Propinsi D.I. Yogyakarta pada umumnya dan masyarakat Bantul pada khususnya dalam merayakan / menyambut datangnya 1 Syuro / Tahun Baru Hijriyah dengan melakukan acara Ibadah dan ritual di tempat - tempat tertentu, yang hingga saat ini selalu dijadikan tempat menyambut Tahun Baru Hijriyah di wilayah Kabupaten Bantul. Adanya Makam para Raja Mataram di Imogiri, Pantai Parangtritis,  dan tempat lain yang dianggap keramat di wilayah Kabupaten Bantul, hal ini menjadikan konsentrasi pergerakan massa yang berdatangan untuk mengikuti kegiatan dalam merayakan / menyambut datangnya  1 Syuro / Tahun Baru Hijriyah. 

Kegiatan tersebut akan mempengaruhi dan meningkatnya mobilitas manusia dengan menggunakan berbagai sarana angkutan, terutama menjelang, pada saat dan setelah 1 Syuro / Tahun Baru Hijriyah. Situasi seperti ini merupakan faktor  yang  dapat  menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas. 

Untuk menjamin perasaan aman bagi warga masyarakat yang merayakan melakukan perayaan   1 Syuro / Tahun Baru Hijriyah  serta yang mengunjungi tempat - tempat umum serta dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, maka Polres Bantul beserta seluruh jajarannya bekerja sama dengan Instansi terkait serta dukungan komponen masyarakat lainnya menggelar Operasi Operasi Kenanga Merapi 2012.

Kabag Ops dalam arahan apelnya antara lain, karena tugas operasi sangat berat maka personil harus jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab. Operasi bernuansa kemanusiaan dengan titik berat memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, oleh sebab itu agar menghindari tindakan over acting dan perilaku anggota Polri yang dapat menimbulkan perasaan antipati masyarakat, tegasnya.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger