RESKRIM POLRES BANTUL TANGKAP LIMA KAWANAN PENCURI LINTAS PROVINSI

Rabu, 21 November 20120 komentar



Sekitar empat jam setelah menjalankan aksinya dengan membobol tiga rumah di tiga lokasi berbeda di kawasan Kasihan, lima kawanan pencuri berhasil dibekuk jajaran Satuan Reskrim Polres Bantul di Dusun Teruman Kelurahan Bantul Kecamatan Bantul, Selasa siang, 20 November 2012. Bahkan, seorang pelaku terpaksa dilumpuhkan menggunakan timas panas setelah berusaha melarikan diri. Lima kawanan pencuri  tersebut berinisial BH (19) warga Lampung Timur, IF (23) warga Tangerang, DW (32) warga Subang Jawa Barat, EH (19) warga Lampung, dan seorang pelaku yang tertembak kaki kanannya, IW (23) warga Lampung.

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Alaal Prasetya menuturkan sejumlah petugas diterjunkan untuk melakukan penyisiran di sejumlah kawasan setelah Polres Bantul mendapatkan laporan adanya aksi pencurian di tiga lokasi berbeda di kawasan Kasihan.

Selasa pagi sekitar pukul 07.30, kawanan pencuri menjalankan aksinya di rumah Irwan Sucipto (30) yang terletak di Perum Tirto Bangunjiwo Sejahtera Blok 03 Bangunjiwo Kasihan. Dalam menjalankan aksinya, kawanan pencuri menggondol sejumlah barang berharga, seperti laptop, sejumlah dokumen berharga, seperti surat gadai emas dan STNK. Total kerugian yang dialami korban sebesar Rp 12 juta.
Hampir bersamaan, kawanan pencuri juga menjalankan aksinya di rumah Zeta Yetiningsih (34) yang terletak hanya beberapa blok dari rumah pertama, yaitu di blok 16. Kali ini, saat menjalankan aksinya kawanan pencuri menggondol satu buah laptop, satu buah ponsel, dan sejumlah perhiasan emas, seperti gelang, cincin, dan liontin. Total kerugian yang diderita korban sebanyak Rp 20 juta.

Sedangkan pemilik rumah yang terletak di Perum Taman Mas Jetis Tamantirto Kasihan hingga kini masih belum melaporkan aksi pencurian di rumahnya. Hanya saja, setelah dilakukan pemeriksaan pintu rumah mengalami kerusakan.
“Kita tahu kalau kawanan pencuri di tempat setelah kita menemukan rekening koran di mobil mereka,” urai Kasat Reskrim.

Karena itu, petugas masih belum dapat menaksir kerugian korban. Adapun modus yang digunakan kawanan pencuri adalah dengan mencongkel pintu menggunakan obeng. Dari lima pelaku, dua diantaranya sebagai eksekutor. Sedangkan tiga lainnya bertugas melakukan pengawasan.

Menurut Kasat Reskrim, berbekal sejumlah keterangan dari sejumlah aksi, petugas kemudian melakukan penyisiran. Sebab, dari keterangan saksi diperoleh keterangan, kawanan pelaku menggunakan Toyota Rush warna hitam dengan Nopol B (plat nomor Jakarta).

“Salah satu korban, Irwan sempat melihat mobil tersebut berhenti di depan rumah korban satunya (Zeta Yetiningsih),” tutur Kasat Reskrim.

Setelah melakukan penyisiran di sejumlah tempat, petugas mendapati mobil Nopol B 1803 SC itu terparkir di depan salah satu rumah makan. Diketahui, kawanan pelaku tengah menikmati makan siang. “Saat makan, mereka kita tangkap,” imbuhnya.

Dari tangan kelima pelaku, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti, seperti laptop, televisi, ponsel, serta sejumlah perhiasan emas.

Seorang pelaku, Erwinsyah mengaku mereka berangkat dari Tangerang Senin (19/11) kemarin dengan menggunakan mobil rental. Mereka menempuh perjalanan melalui jalur utara, kemudian berhenti di Jogja.

“lewat Subang, kemudian sampai Jogja pukul 19.00 Senin kemarin,” akunya.
Sesampainya di Jogja, bersama dengan empat pelaku lainnya, sambung pria yang sehari-hari berprofesi sopir angkot ini, ia menginap di salah satu hotel. Kemudian, keesokannya mereka berkeliling di wilayah Kasihan. “Kita mengincar rumah kosong. Cirinya, kalau rumah digembok otomatis nggak ada orangnya,” tukasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger