TALK SHOW DENGAN PELAJAR SMA I MUHIBA ANTISIPASI JATUHNYA KORBAN KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK

Jumat, 23 November 20120 komentar


Sebanyak 14 personil Polwan Polda DIY dan Polres Bantul yang dipimpin oleh Kabag Bin Opsnal Dit Binmas Polda DIY AKBP Iriani, S.Sos  melaksanakan kegiatan Talk Show dengan para pelajar SMA I Muhammadiyah Bantul di Aula sekolah tersebut, Kamis, 22 November 2012 pukul 10.00 wib. Kegiatan ini bekerja sama dengan LSM Rifka dengan mengangkat tema “Internet dan kekerasan sexual melalui media online” . kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari anti kekerasan terhadap perempuan. Adapun yang hadir adalah AKBP Kurnia beserta 8 polwan Polda DIY, Kasubag Humas Polres Bantul beserta 3 polwan Polres Bantul, Kepala Sekolah SMA I Muhammadiyah Bantul, LSM Rifka dan para siswa siswi.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah mengantisipasi secara dini agar para pelajar wanita khususnya tidak menjadi korban kekerasan sexual, penipuan dan lainya melalui internet (FB, Twiter). Karena FB dan twiter sering dijadikan media berkomunikasi oleh berbagai lapisan masyarakat saat ini sehingga sangat rawan bagi pengunanya apabila pengunanya masih lugu. Oleh karena itu dengan diadakan talk show ini, diharapkan para pelajar akan mengerti dan waspada dalam berkomunikasi dengan menggunakan internet sebagai medianya. “Berawal Kenalan Via FB & BBM, Bukannya pertemanan yang didapat, melainkan malah diperkosa. Baru sebulanan kenalan dari Facebook terus BBM. Mereka lalu janjian ketemuan. Di situ dipaksa hubungan badan,” kata Nara sumber Rina pada waktu menjelaskan di depan peserta talk shaw.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi Internet membawa dampak negatif yang tidak kalah banyak dengan manfaat yang ada. Internet membuat kejahatan yang semula bersifat konvensional seperti pengancaman, pencurian dan penipuan kini dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer secara online dengan risiko tertangkap yang sangat kecil oleh individu maupun kelompok dengan akibat kerugian yang lebih besar baik untuk masyarakat maupun negara disamping menimbulkan kejahatan kejahatan baru. “Pada kesempatan ini kami akan menyampaikan materi tentang Cyber Crime (kejahatan dunia maya) kepada pelajar sehingga mereka mengetahui jenis, penangananya, sangsinya dan lainya. Sehingga mereka menjadi mengerti dan hati hati dalam pengunaanya, jelas Kabag Bin Opsnal Dit Binmas Polda DIY.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger