SAT LANTAS POLRES BANTUL GALAKKAN KAWASAN TERTIB LALU LINTAS

Jumat, 15 Februari 20130 komentar


KAWASAN tertib lalu lintas adalah suatu kawasan yang dibangun, dibina dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi suatu kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan bagaimana lalu lintas yang baik dan benar. Kawasan ini sudah dibangun lengkap dengan fasilitas jalan yang layak untuk pengguna jalan, baik pengendara Roda 2, Roda 4, pejalan kaki, kendaraan prioritas dan pemberhentian.

Kawasan tertib lalu lintas terbentuk berkat kerjasama antara instansi yang berkompenten dan diberi amanah oleh Undang-undang untuk mengurus Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Masing-masing Instansi memiliki tugas dan kewajiban serta peranan dalam menjalankan amanah UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kasat Lantas Polres Bantul Akp Setyo Heri Purnomo, SH mengatakan, KTL bertujuan untuk menertibkan pengguna jalan dalam berlalu lintas. Di kawasan Bantul khususnya sepanjang jalan Jendral Sudirman dari Simpang empat Gose sampai dengan Simpang empat Klodran, pengendara sepeda motor diwajibkan menaati peraturan lalu lintas, di antaranya membawa kelengkapan surat kendaraan, menggunakan helm dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta light on.

Dilaksanakannya Program KTL ini, agar masyarakat pengguna jalan saat melalui kawasan tersebut dapat :

1.    Mewujudkan lalu lintas yang tertib,lancar, aman dan teratur.
2.    Menjadikan suatu kawasan percontohan yang didalamnya dilaksanakan kegiatan pengaturan dan pengendalian lalu lintas yang tertib, aman dan lancar.
3.    Terciptanya peningkatan disiplin dan sadar hukum.
4.    Memberikan bimbingan dan pengarahan kepada masyarakat dalam kawasan tertib lalu lintas secara intensif guna meningkatkan disiplin berlalu lintas.

“Sosialisasi telah kita lakukan dan program tersebut mulai dijalankan dan jika  masih ada ditemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran maka akan ada sanksi yang diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selanjutnya Kawasan Tertib lalu lintas akan merambah ke,jalan lainnya” pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger