WAKA POLSEK PAJANGAN HADIRI BERKUNJUNG DI TEMPAT LATIHAN PRA TUGAS OPS PAM PERBATASAN DARAT RI - MALAYSIA DI GUA SELARONG PAJANGAN

Minggu, 03 Maret 20130 komentar



Guna menciptakan kerjasama yang sinergis antara Polri dan TNI, Waka Polsek Pajangan Iptu Herlan Budiman berkunjung di tempat latihan “Pra Tugas Ops Pam Perbatasan Darat Ri – Malaysia Oleh Yon Inf 403 Wirasada Pratista Kodam Iv Diponegoro Di Kalimantan Barat Ta. 2013 bertempat di wilayah wisata Goa Selarong Dk Kembangputihan Guwosari Pajangan Bantul, Jumat,1 Maret 2013 sekira jam 14.00 WIB. Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon 403/WP Mayor inf Renal Aprindo Sinaga dengan kekuatan 650 personil dan dilatih oleh ± 163 Personil dari Rin Dam IV Diponegoro dibawah pimpinan Kol. Inf Untung Budi Harto Komandan Rin Dam IV Diponegoro. Latihan yang sekarang dilaksanakan merupakan Latihan Tahap II dan dilaksanakan dari tanggal 18 Februari 2013 s/d 03 Maret 2013 bertempat di seluruh wilayah Kec. Pajangan Kab. Bantul.

Direncanakan Ops Pam Perbatasan darat RI-Malaysia di Kalimantan Barat selama 6 Bulan/1 Simester dalam rangka menjaga keutuhan dan menegakkan kedaulatan wilayah NKRI.

Latihan Pratugas ini merupakan upaya  pimpinan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 141/AYJP dengan membekali pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan medan dan tugas yang akan dihadapi di lapangan atau daerah penugasan.

Dalam pelaksanaan latihan Pratugas ini, prajurit akan dibekali dengan berbagai pengetahuan adat istiadat penduduk setempat, perkembangan situasi terakhir perbatasan Kalimantan Timur, Hukum Humaniter, HAM, pelaksanaan Binter terbatas, pengetahuan prosedur pengamanan perbatasan sesuai  dengan ketentuan Internasional, pengetahuan tentang berbagai jenis patok perbatasan dan prosedur pelaporan serta tindakan yang diambil terkait temuan di lapangan.  Selain materi-materi kemiliteran, juga akan menerima pembekalan dari instansi terkait meliputi, materi hukum, keimigrasian, Bea Cukai, Kepolisian dan materi teritorial diantaranya, antropologi, sosiologi masyarakat setempat, pengetahuan agama dan  pengetahuan tentang tokoh dan bahasa  daerah. Mempelajari berbagai studi kasus  tentang penanganan aksi pembalakan liar, penyelundupan barang terlarang, TKI ilegal dan Human  Traficing  di  wilayah  Kalimantan  Timur.

Kemudian juga prajurit akan dibekali dengan keterampilan teknik dan taktik Navigasi darat khususnya membaca peta dan penggunaan  GPS, teknik berkoordinasi dengan instansi   terkait    dalam   menangani    berbagai    masalah perbatasan, teknik melaksanakan temu  cepat    dan   lapor  cepat, teknik   melaksanakan kegiatan intelijen dan teknik melaksanakan  patroli  keamanan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger