POLSEK PAJANGAN SAMBANG DAN PATROLI DI TEMPAT OBYEK WISATA YANG ADA DI WILAYAHNYA

Rabu, 24 April 20130 komentar



Setelah diplubikasi dari berbagai media, obyek wisata alam “air terjun Jurang Pulosari” di Dk. Krebet RT 01 Pajangan Bantul menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara terutama pada hari Minggu dan hari libur lainya. Demikian juga tempat tempat obyek wisata lainya yang ada di wilayah Pajangan seperti Curug Banyunibo, obyek wisata Goa Selarong serta petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo di pedukuhan Mangir Sendangsari juga ramai dikunjungi para Wisatawan.

Oleh karena itu Kapolsek Pajangan memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan sambang dan patroli ketempat obyek wisata tersebut mengantisipasi pada hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan para wisatawan maupun masyarakat sekitar.

Sambang dan patroli anggota Polsek Pajangan pada tempat tempat obyek wisata tersebut diatas mendapat dukungan oleh warga maupun para wisatawan. Selain berpatroli, anggota juga mengadakan dialog dan menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada petugas parkir, petugas pengelola obyek wisata setempat, para penjual makanan maupun para pengunjung wisatawan dengan harapan akan tercipta keamanan dan kenyamanan ditempat tersebut.

Obyek wisata Gua Selarong adalah sebuah gua bersejarah yang terletak di barisan pegunungan kapur Dk. Kembangputihan RT 02 Guwosari  Pajangan Bantul dan menyajikan pemandangan yang khas dengan kesejukan alamnya. Nilai historis yang melekat pada Gua Selarong adalah Goa ini pernah dijadikan markas Pangeran Diponegoro dalam perang gerilya melawan penjajah Belanda. Obyek wisata Goa Selarong sangat ini indah dan sejuk pada musim penghujan karena airnya sangat banyak dan tingginya ± 30 m akan tetapi apabila musim kemarau airnya sedikit. 

Obyek wisata Gua Selarong dikelola oleh Dinas Pariwisata Kab. Bantul, dan dipercayakan kepada Bpk Mursidi dan Bpk Diono sebagai pengelola harian. Untuk restribusi masuk pengunjung dikenakan biaya restribusi Rp 2.250,00 per orang, biaya parkir R2 Rp 2000,00 dan R4 Rp 5.000,00. 

Gua Selarong berlokasi di Dusun Kembang Putihan yang termasuk dalam wilayah administratif Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, berjarak kurang lebih 13 kilometer di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Sedangkan jika ditempuh dari Kota Bantul, jarak menuju Gua Selarong adalah sekitar 5 kilometer ke arah utara.

Obyek wisata alam “air terjun Jurang Pulosari” terletak di Dk. Krebet RT 01 Pajangan Bantul. Dengan keadaan geografis curam dan terjal, kedung jurang pulosari dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Kendaraan Bus tidak bisa sampai ke area wisata karena medan jalan yang cukup sulit untuk ditempuh kendaraan besar. Air terjun jurang Pulosari berada diantara dua perbukitan yang masih asri dan belum dieksploitasi secara maksimal. Dikawasan ini keadaan masih sangat sejuk udaranya karena belum tercemar oleh asap kendaraan.

Obyek wisata alam tersebut menjadi ramai dan oleh kelompok pemuda-pemudi Dk. Krebet dijadikan pendapatan kas kelompok dari parkir sepeda motor Rp 2000,00 dan mobil Rp. 5000,00 untuk restribusi masuk gratis.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger