KAPOLRES BANTUL PATROLI SAMBANG DESA KE DESA SUMBERMULYO BAMBANGLIPURO

Jumat, 17 Mei 20130 komentar



Rabu tanggal 15 Mei 2013  pukul 15.30 Wib, Kapolres Bantul AKPB Dra. Dewi Hartati didampingi Kasat Bimas AKP Muryanto, Kasubag Humas AKP Sulistiyaningsih, Kanit Propam Iptu Rapiqoh, Danramil Bambanglipuro, Muspika Kec. Bambanglipuro dan Kades Sumbermulyo Any Widiani melaksanakan giat "Patroli Sambang Desa" di wilayah Desa Sumbermulyo Bambanglipuro, Bantul.

Adapun rute yang ditempuh dimulai dari Balai Desa Sumbermulyo, Dusun Kanutan, Watu Gilang Gilangharjo Pandak dan finish di Gereja HKTY Ganjuran.
Dalam perjalannya Kapolres beserta rombongan selalu mengedepankan keramahan terhadap masyarakat yang ditemuinya dan sesekali berdialog dengan warga yang ditemuinya guna menyampaikan pesan pesan kamtibmas dan menampung aspisari mayarakat, sehingga ke depan bisa dijadikan pertimbangan pimpinan dalam mengambil kebijakan.

Pada kesempatanya Kapolres menyempatkan diri mampir di Situs Watu Gilang dan diterima oleh juru kunci Ki Bekel Suragso dan Kabag Pemerintahan Desa Gilangharjo Pandak dan mendampatkan penjelasan tentang situs Watu Gilang serta sempat meninjau situs yang berada di bilik dengan didampingi oleh juru kunci tersebut.

Selanjutnya Kapolres melanjutkan perjalan patroli Sambang desa menuju Gereja HKTY Ganjuran dan disambut Rm Herman dan kesenian tradisional Gejlok Lesung dari kelompok kesenian gereja.  Selanjutnya beramah tamah di Kasebo depan gereja.

Dalam ramah tamah Kapolres menghimbau kepada seluruh pengurus gereja agar menjalin hubungan baik dengan masyarakat di sekitarnya, menghargai keyakinan orang lain, menjaga toleransi beragama dan tidak mudah tersulut isu SARA. ”Jagalah persaudaraan. Jangan main hakim sendiri ! Jika main hakim sendiri, justru bisa menjadi tersangka perbuatan kriminal dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Jika mengetahui perbuatan yang menjurus kriminal, segera lapor polisi,” himbaunya.

Ditegaskan pula, kini adalah eranya institusi Polri meniadakan jarak dengan warga masyarakat. Semua lapisan masyarakat harus dirangkul untuk menjadi mitra dalam menciptakan keamanan wilayah dan mencegah terjadinya kejahatan.

”Kami mengharapkan partisipasi seluruh elemen masyarakat, untuk menjaga Kamtibmas wilayah masing-masing. Dengan kata lain, masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri, bagi keluarga dan lingkungannya,” kata Kapolres. 

Kegiatan Patroli Sambang Desa berakhir dalam keadaan aman dan lancar pada Jam 18.15 Wib.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger