PARKIR MOBIL YANG AMAN DI MALL

Minggu, 12 Mei 20130 komentar



Berikut tips aman memarkir mobil di pusat perbelanjaan atau yang lainya sehingga bebas masalah seperti bodi mobil terserempet mobil lain, pencurian spion atau tape audio mobil, dan beberapa tindak kriminal lainnya:

Perhatikan alur garis-garis putih yang biasanya dibuat pada tempat parkir. Ikuti garis-garis putih tersebut agar kendaraan anda tidak tersenggol mobil lainnya. Perhatikan tembok beton pembatas parkir, karena tembok tersebut sangat rendah terkadang pengemudi tidak melihatnya dan menyebabkan terjadinya tabrakan yang bisa membuat bemper mobil anda penyok.

Lakukan Pengamanan Ekstra
Walau tempatnya parkir tergolong aman, tak ada salahnya melakukan pengamanan tambahan pada mobil. Pastikan alarm bekerja sempurna dan boleh saja menggunakan alat pengaman ekstra seperti kunci setir. Tentu saja hal standar seperti memastikan semua pintu dan bagasi terkunci tak boleh terlupakan.
   
Bagi yang tidak memiliki alat pengaman, beberapa cara murah meriah bisa dilakukan. Misalnya mencabut kabel busi atau kabel koil mobil Anda dan membawanya dalam tas. Lepas pula bagian penampang head unit bila memungkinkan.

Perhatikan Arah Matahari
Apabila Anda datang di pagi dan berencana pulang pada sore, parkirlah kendaraan di lokasi yang akan tertutup bayangan sinar matahari di sore hari. Mungkin tempat ini akan terik di pagi hari, tapi saat Anda kembali akan tertutup bayangan dan kabin mobil menjadi lebih dingin serta nyaman

Posisi mobil
Atur posisi mobil tepat di tengah ruang parkir, jika agak minggir ke satu sisi (kanan atau kiri), sehingga mobil anda tidak terserempet mobil yang akan parkir atau keluar di sebelah anda.

Pelindung ujung pintu
Gunakan pelindung ujung pintu. Selain tidak membuat pintu mobil sebelah lecet jika sedikit berbenturan, juga berfungsi sebagai pelindung lecet.

Hindari mobil yang lebih besar
Hindari parkir di antara mobil yang besarnya melebihi mobil anda agar tehindar dari pengutil spion ataupn pencuri tape audio. Mobil yang mudah terlihar di area parkir akan membuat pencuri segan beraksi.

Jangan meninggalkan barang berharga
Jangan tinggalkan barang berharga atau kantong berisi belanjaan, karena pencuri akan terpancing untuk membongkar kaca atau pintu mobil anda. Sebaiknya tinggalkan barang berharga di rumah sebelum parkir mobil di tempat umum seperti ini. Kalaupun terpaksa membawanya, simpan barang-barang tersebut di lokasi yang tak terlihat seperti laci atau bagasi.

Sejumlah pencoleng kini juga disinyalir memiliki alat yang bisa mendeteksi laptop atau tablet komputer di dalam mobil. Untuk itu sebaiknya hindari menyimpan barang tersebut di dalam kabin.

Pastikan bahwa mobil anda sudah terkunci sebelum anda keluar dari mobil, hal ini untuk mencegah terjadinya tabrakan atau gesekan dengan mobil lain. Ikuti petunjuk dari tukang parkir ketika anda ingin memarkir mobil jika pada tempat parkir tidak dibuat garis putih.
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger