KUNJUNGAN KAPOLDA D.I.YOGYAKARTA KE SITUS WATU GILING DAN KI AGENG MANGIR WONOBOYO PAJANGAN

Kamis, 20 Juni 20130 komentar



 Rabu, tanggal 19 Juni 2013 Pukul 13.00 Wib, Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen DRS. Haka Astana dan Kapolres Bantul AKBP Dra. Dewi Hartati didampingi Kasat Lantas Polres Bantul AKP Setyo Heri Purnomo, SH serta Kasat Intelkam Polres Bantul AKP Supardi berkunjung ke Situs Peninggalan Ki Ageng Mangir Wonoboyo di Dk. Mangir Tengah RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul di Sambut langsung oleh Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo.

Kunjungan diawali di situs Watu Gilang, Watu gilang merupakan tempat duduk seorang raja untuk melakukan semedhi dan bertapa serta untuk ritual Pusaka. Kapolda D.I. Yogyakarta Brigjen (Pol) DRS. Haka Astana bertemu dengan penjaga  Situs Watu Gilang yakni Bapak Bakri. Dalam pembicaraannya bersama Bapak Kapolda D.I.Yogyakarta, Bapak Bakri menceritakan sejarah - sejarah Ki Ageng Mangir dan Sejarah Kerajaan di Jawa. Selanjutnya Bapak Bakri menunjukkan kepada Kapolda dan rombongan penemuan tembok di dekat situs Watu Gilang Ki Ageng Mangir, penemuan beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya menurut Bapak Bakri pernah dicari di daerah yang sama peninggalan situs yang lain namun tidak ditemukan sama sekali.


Perjalanan dilanjutkan ke tempat Situs Ki Ageng Mangir Wonoboyo yang dijaga oleh Mbah Johanes Wandoyo (Mbah Bali) dan anaknya Ibu Retno Utari. Bpk. Kapolda DIY berbincang-bincang dengan Mbah Bali dan Ibu Retno utari dan rombongan. Dalam perbincangan tersebut Kapolda DIY menceritakan sejarah -sejarah Kraton Yogyakarta dan Majapahit. Mbah Bali salut kepada Bapak Kapolda sangat hafal dengan sejarah baik Kraton Yogyakarta maupun sejarah lainnya.

Sebelum meninggalkan situs, Bpk. Kapolda DIY menyampaikan saran untuk tetap merawat dan melestarikan Situs - situs peninggalan baik pada penjaga Situs maupun Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Purbakala Provinsi DIY untuk melakukan pencarian. Sejarah harus kita jaga untuk anak cucu kita nantinya, tambah Beliau.

Selama Kunjungan Kapolda Ke Situs Sejarah Peninggalan Ki Ageng Mangir Wonoboyo kecamatan Pajangan berjalan aman kondusif.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger