PENGAMANAN ACARA PUNCAK LOMBA “KIRAB BUDAYA SLARONG 2013” DI PAJANGAN BANTUL

Minggu, 23 Juni 20130 komentar



Minggu, 23 Juni 2013 pukul 07.30 wib, Kapolsek Pajangan AKP Sugeng Harsoyo bersama Waka Polsek Pajangan Iptu Herlan Budiman pimpin 20 orang personilnya amankan acara puncak Gelar Budaya Slarong 2013 yang berupa lomba kirab budaya bregodo dan prajurit kraton, tempat pelaksanaan sepanjang jalan dari Balai Desa Guwosari sampai dengan obyek wisata Goa Slarong.

Pembukaan acara Lomba Kirab Budaya Bregodo dan Prajurit Kraton dibuka oleh Kepala Desa Guwosari Bpk. H. Muh. Suharto. Lomba Kirab budaya tersebut diikuti sebanyak 1 Bregodo Pamong Desa Guwosari dan 14 Pedukuhan se Desa Guwosari. Setiap dusun diwajibkan membawa gunungan dari susunan hasil bumi sebagai maskot.

Acara Gelar Budaya Slarong 2013 terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata DIY, Kab. Bantul, Desa Guwosari dan Karang Taruna Guwosari Dipo Ratna Muda serta pihak-pihak pendukung lainnya.

Gelar Budaya Slarong  2013 tidak sekadar agenda rutin tahun untuk melestarikan  tradisi tersebut. Namun dari kegiatan yang sudah digelar ke-8 tersebut diharapkan masyarakat umum mengetahui sejarah Gua Selarong punya sejarah panjang terkait dengan perjuangan bangsa merebut kemerdekaan. Karena sesuai dengan sejarah Pangeran Diponegoro sempat singgah di Gua Slarong untuk menyusun strategi menghadapi penjajah. 

Selain itu kegiatan tersebut juga untuk memperingati HUT Desa Guwosari, melestarikan budaya Jawa, mengenalkan obyek wisata Goa Selarong sebagai obyek wisata guna meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Guwosari dengan pengenalan produk-produk kerajinannya.

Acara lomba kirab budaya tersebut dihadiri oleh, Kepala Dinas Pariwisata Prov. DIY Bpk. Tazbir, Ibu Wakil Bupati Bantul Ibu Sumarno, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bantul Bpk. Drs. Bambang Legowo, Msi, Camat Pajangan Drs. Susanto, jajaran Muspika Kec. Pajangan. Penonton yang menyaksikan lomba kirab budaya bregodo dan prajurit kraton diperkirakan ± 15.000 orang.

Pemenang lomba kirab budaya Slarong Bregodo dan Prajurit Kraton, sebagai juara 1 Dk Iroyudan, juara 2 Dk Kembangputihan dan juara 3 Dk. Kadisono, sedangkan untuk stan pameran Juara 1 Dk Pringgading, Juara 2 Dk Iroyudan dan juara 3 Dk Kembangputihan.

Polsek Pajangan dan Satlantas Polres Bantul untuk mengantisipasi kemacetan telah menutup 3 akses jalan masuk yaitu di pertigaan Dk Kalangan Bangunjiwo Kasihan, Pertigaan Pijenan Wijirejo Pandak dan di perempatan Jongrangan Bantul.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger