KAPOLSEK PANDAK MENJADI IRUP DI SMK I PERTANIAN PANDAK DALAM RANGKA HUT POLANTAS KE 58

Selasa, 24 September 20130 komentar



Kapolsek Pandak AKP Paimun menjadi inspektur upacara (Irup) bendera yang digelar di halaman SMK N I pertanian Pandak dalam rangka HUT Polantas ke 58, Senin, 23 september 2013 pukul 07.00 Wib.

Amanat Kapolri Jenderal Polisi Timor Pradopo yang dibacakan Kapolsek mengatakan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia telah mencapai titik yang sangat memprihatinkan.

Berdasarkan data dari Korps Lalu Lintas Polri pada tahun 2011 sebanyak 32.657 orang meninggal dunia dan pada tahun 2012 sempat turun menjadi 29.654 jiwa. Akan tetapi, angka tersebut masih tergolong tinggi bila diklasifikasikan dari segi penyebab kecelakaannya. “Apabila kita analisa secara kuantitatif, maka dalam satu bulan angka kematian bisa mencapai 2.471 orang atau setara dengan 82 orang per hari, atau dalam setiap jamnya terdapat 3 hingga 4 jiwa yang meninggal dunia akibat laka lantas,” kata kapolsek.

Lebih lanjut, apabila fokus analisa tersebut diarahkan kepada pelaku yang terlibat, maka sepanjang bulan Januari hingga Juni 2013 telah terjadi sebanyak 244 kasus kecelakaan setiap harinya. Dan secara detailnya bisa diprosentasekan, hampir 20 persen diantaranya adalah remaja yang berusia dibawah 16 tahun dengan status pelajar. “Kita tentunya prihatin dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Ini masalah yang serius, bukan hal yang biasa sehingga harus ada kesadaran dari kita semua untuk menurunkan angka kecelakaan ini,” tuturnya.

Untuk itu, khusus di Pandak, kapolsek menyatakan bahwa untuk menurunkan angka lakalantas tersebut, Polsek Pandak akan melakukan sosialisasi di setiap sekolah sambil memberikan imbauan secara persuasif yang ditegaskan dengan pendekatan hukum. “Secara bertahap kita akan lakukan dengan cara-cara sosialisasi secara persuasif hingga sampai pada penegakan hukum. Karena penegakan hukum disini sebagai pengendali etika dan norma,” ujarnya.

“Kalau sudah berkali-kali melakukan kesalahan, maka pasti akan ditilang demi keselamatan mereka juga,” kata kapolsek menambahkan. (Humas Pandak)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger