HIMBAUAN SEBELUM MENINGGALKAN RUMAH

Jumat, 11 Oktober 20130 komentar



1. Sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.

2. Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.

3. Agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya, Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang maghrib.

4. Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah Anda, Sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman.

5. Laporlah kepada ketua RT / RW setempat tentang kepergian Anda, Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi, Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi.

6. Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat, karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.

7. Informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai kepergian anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda.

8. Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali, Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah, Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni.

9. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau Anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.

10. Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi, Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal bepergian.

Semoga bermanfaat. 

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger