KASAT SABHARA POLRES BANTUL MENGGELAR PERAGAAN PERALATAN DALMAS DAN SAR DI STADION SULTAN AGUNG BANTUL

Jumat, 11 Oktober 20130 komentar



Berbagai aksi massa yang cenderung brutal dan anarkis dewasa ini membuat kita sebagai petugas dilapangan haruslah ektra hati-hati dan waspada dalam mensikapi terlebih dalam menanganinya,  jangan sampai Petugas malah menjadi sasaran empuk atau jadi bulan-bulanan dalam aksi massa bringas tersebut. untuk itu mutlak diperlukan berbagai peralatan yang berfungsi sebagai pelindung / tameng cara penggunaanya untuk keselamatan petugas dilapangan.

Demikian sekelumit arahan Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Riyono, SH kepada seluruh Kanit Sabhara Polsek beserta seorang anggota Dalmas Rayonisasi perwakilan dari masing-masing Polsek dalam Pengenalan Dasar / Sosialisasi penggunaan peralatan Dalmas dan SAR diantaranya :

1. Mobil security Barrier yang berisi Gulungan kawat berduri sepanjang 200 meter dan tinggi 1,5 meter yang berfungsi melindungi  bangunan / areal penting dan vital sehingga aksi massa tidak meluas.

2. Penggunaan Gas Gun, alat tsb ditembakan oleh petugas ke aksi massa dengan mengikuti arah angin, jangan sampai melawan angin karena kita sendiri yang kena adapun fungsinya untuk membubarkan / memecah aksi massa.

3. Rompi anti peluru ( Soft body armor ) terbuat dari serat aromatic polyamide (aramid) yakni pelapis tipis tahan benturan yang sering dipergunakan pada pesawat terbang, tank, dan roket antariksa. Rompi semacam ini membuat petugas merasa tenang setidaknya dalam menghadapi tugas dilapangan yang penuh dengan berbagai resiko.

4. Tri Port, karena berbentuk kaki segitiga yang bisa di set tinggi rendahnya dan ditengahnya dilengkapi roda dengan Tali Jiwa (snapling) maka akan memudahkan petugas masuk ke lubang sumur yang dalam seklipun untuk mengevakuasi korban.
   
Demikian jalanya peragaan oleh Iptu Hadi Prayitno beserta anggota lainya di halaman Parkir selatan Stadion Sultan Agung Jetis Bantul, Rabu, 9 Oktober 2013. (Humas Jetis)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger