BAMIN SIHUMAS POLSEK PAJANGAN HADIRI GIAT PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENGOLAHAN PANGAN LOKAL DI IROYUDAN

Jumat, 22 November 20130 komentar



Bamin Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi menghadiri undangan sekaligus mengamankan acara penyuluhan dan pelatihan pengolahan pangan lokal yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kab. Bantul bertempat di rumah Kepala Dukuh Iroyudan Bapak Abu Dk Iroyudan RT 01 Pajangan Bantul, Kamis, tanggal 21 November 2013 jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut petugas BPP (Badan Penyuluh Pertanian) Kec. Pajangan, petugas pembina dalam pelatihan Ibu Tatik dari Dk Kembang Gede Desa Guwosari Pajangan, Kepala Desa Guwosari H. Muh. Suharto dan peserta penyuluhan dari Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu Desa Guwosari sebanyak 30 orang.

Acara tersebut dibuka oleh Sekcam Pajangan Bambang Yuliono, SE. Dalam sambutanya beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan keterampilan kapada para peserta dalam mengolah produk makanan lokal seperti umbi-umbian menjadi makanan yang menarik dan beragam sehingga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi yang tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan Program ini diharapkan Kab. Bantul dapat meningkatkan ketahanan pangan menjadi kedaulatan pangan.

Maksud diadakan kegiatan ini adalah agar para Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu mempunyai ketrampilan dalam mengolah pangan lokal seperti ubi-ubian sehingga dapat menambah nilai ekonomis untuk keluarga, yang tadinya ubi dijual murah setelah diolah dapat naik harganya. Dapat mengurangi pengangguran yang tadinya para Ibu banyak menganggur sekarang mempunyai kegiatan. Konsumsi pangan lokal dapat meningkat, dengan penganeka ragaman hasil pengolahan pangan lokal masyarakat akan mau dan senang untuk mengkonsumsinya. Dapat merangsang masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di pekarangannya untuk ditanami bahan pangan lokal dan mengurangi penggunaan beras sebagai bahan pangan pokok sehingga dapat tercipta ketahanan pangan.

Hingga selesainya kegiatan tersebut situasi dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger