KIRAP BUDAYA NGARAK SIWUR PRA NGURAS ENCEH DI IMOGIRI

Jumat, 22 November 20130 komentar



Kapolsek Imogiri Kompol Herlambang menerjunkan personilnya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan Kirap Budaya Ngarak Siwur Pra Nguras Enceh di wilayah Kecamatan Imogiri, Kamis, 21 November 2013 pukl 10.00 Wib. Kegiatan ini diselengarakan oleh Forum Cinta Budaya Bangsa (Forcibb) Imogiri yang diketua Sudarno Amd.

Kirab Budaya ini mengambil star dari kantor kecamatan Imogiri, kantor Bupati juru kunci makam Raja Raja Surakarta di dusun Paseban Imogiri untuk mengambil Siwur milik Kraton Surakarta, kantor bupati juru kunci Puroloyo Ngayogyakarto di dusun Tilaman Wukirsari untuk mengambil Siwur milik Kraton Yogyakarta. Setelah itu iring-iringan dari bergada menuju Terminal Pajimatan dan menyerahkan kepada juru kunci masing-masing makam.

Ngarak siwur merupakan rangkaian dalam tradisi ‘nguras enceh’ yang digelar besok pagi harinya di Kompleks Makam Raja Mataram dan Kasunanan Surakarta. Tujuan mendasar dari tradisi tersebut adalah melestarikan sebuah sejarah yang ada di Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh oleh Gibernur DIY Sri Sulatan Hamengku Buwono yang diwakili oleh Gusti Bendoro Yudoningrat.  Dalam sambutanya beliau mengapreasi kegiatan budaya ini serta mengharapkan kegiatan ini tetap terus dilaksanakan  guna melestarikan kebudayaan dan menarik para wisatawan.

Adapun peserta kirab terdiri dari Drum band SDN 3 Imogiri, Bergada Forsibb, Brgada Nuspika Imogiri, Brgada Prajurit Tamtaman, Bergada Pamong desa sewilayah Imogiri dan Bergada dari para peseni.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekda prov DIY, Staf Ahli Bupati Bantul, Kadin Kebudayaan Bantul, Pamong desa sewilayah Imogiri, peserta kirab kurang lebig 500 orang dan ribuan masyarakat.

Kegiatan berakhir dalam keadaan aman dan tertib pada pukul 16.30 Wib. (Humas Imogiri)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger