BIMMAS POLSEK SEWON MEMBERIKAN PENYULUHAN KENAKALAN REMAJA DI SMA N 1 SEWON

Sabtu, 16 November 20130 komentar



Pada hari Jum’at tanggal 15 November 2013 Panit 1 Bimas Polsek Sewon Ipda Dalimin memberikan penyuluhan tentang kenakalan remaja di SMU N 1 Sewon. Penyuluhan kenakalan remaja ini diberikan kepada kelas X yang berjumlah 290 siswa di ruang aula SMA N 1 Sewon.
Dalam penyuluhannya Ipda Dalimin menjelaskan bahwa kenakalan remaja merupakan gejala alami yang dimiliki oleh setiap manusia, hal ini disebabkan karena manusia memiliki sifat hedonisme yaitu suka pada kesenangan. Kenakalan tersebut akan lebih mudah dilakukan oleh pada remaja karena disebabkan tahap perkembangan pikiran mereka/nalar mereka umumnya masih rendah. Dalam ilmu kriminologi ada teori perkembangan moral manusia yang disebut Moral Development Theory, teori ini menggambarkan tentang tahap-tahap perkembangan pikiran/nalar manusia.
Ada beberapa jenis mengenai kenakalan remaja ini yaitu penyalahgunaan narkoba dan perbuatan seks bebas layaknya suami istri yang dilakukan diluar perkawinan, sedangkan penyebab terjadinya kenakalan remaja dipengaruhi oleh faktor pengalaman dan pengamatan.
Faktor pengalaman dapat berasal dari dalam diri manusia itu sendiri, sedangkan pengamatan ditimbulkan oleh sesuatu yang berasal dari luar. Keduanya akan berpengaruh kepada pola perilaku manusia dalam menjalani kehidupannya. Secara garis besar kenakalan remaja dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu faktor internal dan factor eksternal.
Faktor Internal meliputi krisis identitas dan kontrol diri yang lemah sedangkan factor eksternal meliputi keluarga, pengaruh teman sepermainan, pengaruh lingkungan yang kurang baik. Untuk mengatasi kenakalan remaja tersebut dapat dilakukan dengan memberikan motivasi baik dari keluarga, guru, teman dan saudara, dan yang terpenting remaja tersebut pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua orang tua memberi arahan dengan siapa dan komunitas mana remaja harus bergaul.
Selanjutnya setelah Ipda Dalimin memberikan meteri penyuluan tentang kenakalan remaja dilanjutkan dengan dialog Tanya jawab antara para siswa dengan penyuluh. (Humas Sewon)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger