KASAT BINMAS PIMPIN LATIHAN SIMULASI PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI RUTAN BANTUL

Rabu, 27 November 20130 komentar



Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan Profesionalisme para personil Rutan Bantul dalam menghadapi kejadian kebakaran di dalam Rutan, maka diadakan latihan simulasi gabungan penanganan kebakaran di Rutan Bantul,  Selasa, 26 November 2013 pukul 09.00 Wib.

Dalam pelaksanaan latihan ini diharapkan dapat menciptakan profesionalitas personil Rutan Bantul dan petugas lainya dalam penanggulangan kebakaran serta penyelamatan sesuai Standart Operasional Presedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh Rutan Bantul.

Latihan ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Bantul AKP Muryanto beserta Petugas gabungan yang terdiri dari personil Polres Bantul / Polsek Pajangan, Koramil Pajangan, personil Rutan Bantul, dinas Pemadam kebakaran dan PMI Kab. Bantul.

Dalam Simulasi penanganan kebakaran Rutan Bantul digambarkan petugas dapur Rutan dan napi sedang memasak makan siang di ruang dapur karena terjadi kebocoran gas sehingga terjadi kobaran api, api begitu cepat membesar dan tidak bisa dipadamkan oleh alat pemadam kebakaran (APAR) dan akhirnya menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Petugas Rutan Bantul hanya dapat menyelamatkan sebagian orang di dalam dapur, kemudian api menyambar ke ruang arsip Rutan Bantul sampai ke ruang sel tahanan sehingga para napi berhamburan menyelamatkan diri namun kemudian oleh petugas jaga Rutan npara napi tersebut diamankan di tempat aman (aula Rutan Bantul). Namun diantara para napi ada yang akan mencoba melarikan diri memanfaatkan kejadian kebakaran tersebut akan tetapi bisa diamankan.

Kemudian Kajaga Rutan segera melaporkan kejadian kepada Karupam dan Karutan kemudian meminta bantuan ke Dinas Kebakaran, Polsek, Polres Koramil dan PMI setempat.

Setibanya Pemadam Kebakaran segera memadamkan api dan menolong para korban yang terjebak di dalam kobaran api. Petugas keamanan dari Polres, Polsek dan Koramil menjaga keamanan di pintu masuk tempat napi dikumpulkan dan menenangkan para napi, petugas keamanan bersama PMI ikut menolong korban kebakaran dan membawanya ke ambulan untuk di bawa ke Rumah Sakit serta mengawalnya.

Setelah api bisa dijinakkan dan dipadamkan, petugas dari Polsek Pajangan memasang garis Polisi dan mengamankan tempat terjadi kebakaran, kemudian Petugas dari identifikasi Polres Bantul yang datang melakukan indentifikasi penyebab kejadian kebakaran dan mengidentifikasi korban yang meninggal. Kajaga Rutan melakukan pendataan jumlah napi secara keseluruhan dan melaporkan ke Karupam dan Ka Rutan.

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Protap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) apabila terjadi kebakaran di dalam Rutan, Kepala Jaga Rutan harus segera melaporkan kejadian kepada Karupam, Karutan, kemudian berkoordinasi meminta bantuan ke Dinas Pemadam Kebakaran setempat, Polsek, Polres, Koramil dan PMI/Puskesmas.

Karutan Bantul mengatakan, “Latihan gabungan  ini diharapakan mampu meningkatkan keahlian dan kebersamaan sesama anggota dalam kegiatan pencegahan, penanggulangan musibah kebakaran ketika terjadi kebakaran yang sebenarnya,  katanya.

Hingga selesainya kegiatan simulasi penanganan kebakaran Rutan Bantul situasi dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger