PERSONIL TIM SAR POLRES BANTUL LATIHAN EVAKUASI KORBAN DIDALAM SUMUR

Selasa, 12 November 20130 komentar



Personil  Sat Sabhara Polres Bantul yang tergabung dalam Tim SAR Terbatas telah melaksanakan latihan SAR dengan materi pertolongan korban dalam ruang terbatas (sumur), Sabtu, 9 Nopember 2013. Tujuan latihan ini untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan  personil Tim SAR di lapangan sebelum terjun di langsung di masyarakat.

Latihan ini dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Riyono, SH yang dilaksanakan di sebuah sumur sedalam 25 M milik masyarakat yang ada di Tegallurung desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak.

Dalam latihan tersebut diperagakan bagaimana cara memberikan pertolongan terhadap korban yang berada di dalam ruang terbatas vertikal (sumur) dengan menggunakan peralatan yang diberikan dari Polda DIY. Selain personil juga diberikan pengetahuan tentang keberadaan gas beracun yang sering memakan korban di dalam sumur. 

Sering terjadi kasus kematian pada saat orang membuat atau menguras sumur karena pertolongan yang lambat. Hal ini dapat terjadi karena liang sumur umumnya berupa lubang vertikal ke dalam dengan ukuran yang sempit. Kalau ini sudah terjadi maka tentu saja diperlukan kemampuan khusus untuk menolong korban dan membawa ke permukaan tanah.

Penyebab timbulnya  korban di dalam sumur beraneka ragam antara lain karena  terjatuh,  sesak nafas karena terbatasnya ruang sumur dan karena keracunan gas yang ada di dalam lubang sumur.

Sering terjadi jatuh korban karena gas beracun yang ada di dalam sumur, ini menyebabkan sering jatuhnya korban secara berurutan dengan memakan korban tambahan. Hal ini terjadi karena upaya pertolongan korban pertama yang dilakukan sembrono. Sementara gas di dalam lubang sumur masih ada dan belum memungkinkan orang untuk bernafas secara normal, tentu saja si penolong juga akan mengalami kondisi yang sama dan kesulitan bernafas. Jika terus berturut-turut mungkin saja dapat sampai 2, 3 atau 4 orang yang ikut jadi korban.

Oleh karena itu personil Tim SAR agar selalu waspada sebelum melakukan pertolongan korban didalam sumur agar tidak mengalami hal yang sama pada diri korban.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger