KAPOLSEK PUNDONG HADIRI GIAT MERTI DUSUN NANGSRI

Selasa, 12 November 20130 komentar



Kapolsek Pundong AKP Agus Nuryanto, S.Sos menghadiri giat Upacara tradisi merti dusun di Nangsri Desa Srihardono Kecamatan Pundong Bantul, Sabtu sore, 9 November 2013.

Kegiatan tahunan ini melibatkan semua elemen masyarakat di Nangsri. Adanya sejumlah pertunjukkan kesenian tradisional menjadi bukti bahwa  kebersamaan masyarakat Nagsri masih terjaga. Dalam kesempatan tersebut juga menjadi tonggak awal pencanangan Dusun Pancasila. Hal tersebut dikatakan Kepala Dusun Nangsri Desa Srihardono Kecamatan Pundong Bantul.

Bpk. Jawadi mengungkapkan, esensi dari acara merti dusun adalah, bagaimana sebuah masyarakat bisa bersatu dalam satu tujuan yakni membangun sebuah wilayah dalam segala aspek kehidupan. "Pembangunan hanya bisa dilakukan dengan kebersamaan kuat di masyarakat," ujarnya.

Menurutnya makna dari merti dusun adalah ketika masyarakat bahu-bahu menjaga kebersamaan itu sendiri. Pada prinsipnya merti dusun jangan sampai kehilangan makna. Terutama dalam penerapan nilai kebersamaan tetap tumbuh dan berkembang di masyarakat. Dalam acara tersebut, juga digelar kirab gunungan lanang dan wadon.
Kirab digelar keliling dusun sebelum dibagikan kepada warga dan pengunjung. "Jangan sampai  merti dusun kehilangan makna,  harus dilestarikan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Bpk. Jawadi.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan aneka kesenian, diantaranya, Kelompok Musik Bambu Perkusi,  Kelompok Kesenian Gejog Lesung Sentong Lestari, drum  band.
Hadir dalam acara itu  Bupati Bantul, Hj Sri Surya Widati, mantan Bupati Bantul, Drs HM Idham Samawi, Muspika Pundong dan sejumlah tamu undangan. Bahkan Drs HM Idham Samawi memberikan santunan kepada sejumlah orang jompo dan anak yatim. Selain itu juga diserahkan mobil ambulan untuk warga yang berasal dari pengusaha asal Nangsri yang sukses di perantauan.

Kegiatan mendapat pengamanan dari personil Polsek Pundong dan berakhir dalam keadaan aman. (Humas Pundong)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger