SOSIALISASI DAN LATIHAN SIMULASI PENANGANAN KEBAKARAN RUTAN BANTUL DI RUTAN BANTUL PAJANGAN

Rabu, 20 November 20130 komentar



Selasa, tanggal 19 November 2013 jam 10.00 WIB, Rutan Bantul bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Pemda Kab. Bantul, Polres Bantul, Polsek Pajangan dan Koramil Pajangan mengadakan sosialisasi dan latihan simulasi penangan kebakaran apabila terjadi di dalam Rutan Bantul, tempat kegiatan berada di dalam Rutan Bantul.

Latihan simulasi penanganan kebakaran tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Personil Rutan Bantul dalam menangani terjadinya kebakaran di dalam Rutan Bantul dan langkah-langkah koordinasi yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rutan Bantul yang dilakukan oleh Komandan Jaga Rutan Bantul apabila menghadapi kebakaran di dalam area Rutan Bantul.

Acara Sosialisasi dan latihan simulasi tersebut dipimpin oleh Kepala Rutan Bantul Fx. Agus Subagya, SH dan dihadiri serta diikuti oleh Kasat Binmas Polres Bantul AKP. B. Muryanto beserta 3 orang personilnya, Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng beserta 4 orang personilya, Sat Sabhara Polres Bantul Aiptu Sawabi beserta 4 orang personilnya, Koramil Pajangan Serma Parjangkung beserta 5 orang personilnya, Pemadam Kebakaran Pemda Kab. Bantul M. Khamdani beserta 6 orang personilnya serta dari Rutan Bantul 40 orang.

Kasat Binmas dalam kesempatan tersebut menyampaikan simulasi ini dilaksanakan secara berkala setiap tahun, merupakan latihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta langkah-langkah koordinasi Personil Rutan Bantul apabila menghadapi kejadian kebakaran di dalam Rutan Bantul. Rutan Bantul merupakan mitra Polri dan Obyek Vital yang harus dilindungi oleh Polri. Laksanakan latihan simulasi dengan sungguh-sungguh tambah Beliau.

Kepala Rutan Bantul Fx. Agus Subagya, SH menambahkan Kepala Jaga Rutan Bantul mempunyai peranan penting untuk melakukan langkah-langkah koordinasi apabila terjadi kebakaran di areal Rutan Bantul. Danjaga harus bertindak sesuai dengan SOP peraturan Rutan dalam bertindak menangani kebakaran.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan simulasi penanganan kebakaran oleh Pemadam Kebakaran Pemda Kab. Bantul Bpk. M. Khamdani, Beliau memperkenalkan jenis-jenis Apar (alat pemadam kebakaran portable) bagaiman mengetes isi dari Apar, cara menggunakan Apar dan pemadamannya, mengenalkan kelas-kelas kabakaran serta praktek pemadaman kebakaran dengan  api ringan seperti dari tabung kompor gas.

Kegiatan sosialisasi dan simulasi penangan kebakaran Rutan Bantul rencananya akan dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap 1 pada pertemuan ini berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Humas Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger