DALAM RANGKA OPERSI LILIN PROGO 2013, KAPOLRES BANTUL ADAKAN JUMPA PERS

Selasa, 24 Desember 20130 komentar



Dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan seluruh warga masyarakat dalam merayakan hari raya natal 2013 dan tahun baru 2014, Polres Bantul menggelar Operasi Lilin Progo 2013 yang dimulai tanggal  23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014. Operasi ini dilaksanakan selain untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas pada perayaan Natal dan antisipasi kenaikan jumlah wisatawan yang datang berlibur saat tahun baru 2014.

Hal tersebut dikatakanya oleh Kapolres Bantul AKBP Surawan, SIK saat jumpa Pers di Rumah Makan Didit jalan Parangtritis KM 9 Yogyakarta pada hari Senin siang, 21 Desember 2013. Jumpa pers ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Para Kabag, Kasat, para Perwira, Dinas Pariwisata, Dinas perhubungan, dinas kesehatan, semua insan Pers dari media cetak dan elektronik dan para tamu undangan.

 “Operasi Lilin Progo 2013 ini melibatkan banyak pihak. Ratusan personil yang dilibatkan dalam operasi ini yaitu Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dishubkominfo, Senkom, PMI, PMK, TNI, Satpol PP, Pramuka, SAR, Banser NU, Kokam Muhammadiyah, dan PLN. Khusus untuk malam Natal kami memperbanyak melibatkan personil Polri. Itu diluar yang tadi untuk mengamankan gereja-gereja, termasuk untuk memback up pengamanan malam Tahun Baru 2014.” Jelas Kapolres Bantul.

Dalam operasi ini, Polres Bantul telah menyiapkan 3 Pos Pengamanan, yaitu satu Pos Pelayanan di simpang empat Druwo dan dua pos pengamanan di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran BambangLipuro dan Pos Pam di Parangtritis. Selain itu kita juga mempersiapkan Posko Pengamanan khusus gereja, dari 52 gereja yang digunakan merayakan misa Natal di wilayah Bantul. Pada gereja besar yang jemaatnya banyak kami akan prioritaskan. Pengamanan kami maksudkan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang hendak beribadat,” katanya.

Kemudian untuk pengamanan perayaan Tahun Baru 2014, Polres Bantul akan menempatkan personilnya pada tempat tempat rawan laka lalulintas, macet dan rawan kejahatan. Selain itu kami akan meningkatkan kegiatan patroli pada provit dan ovit untuk antisipasi gangguan Kamtibmas. Untuk mengatasi kemacetan arus kendaraan wisatawan yang akan merayakan tahun baru di Obyek wisata Parangtritis, polisi nantinya juga akan memberlakukan pengalihan arus.

Wilayah Kab. Bantul yang biasanya dijadikan  tempat perayaan tahun baru yaitu di obyek wisata wilayah Kretek yakni Parangtritis, Samas, Depok, Parangkusumo dan wilayah Srandakan (Kuwaru, Pandansimo dan Padansari) dan Goa Cemara (Sanden) serta tempat lainnya yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari wilayah Yogyakarta maupun dari luar seperti Kids Fun dan JEC sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya kepadatan arus lalu lintas. Untuk mengantisipasi kemacetan pada tempat tempat tersebut nantinya polisi akan mengalihkan arus balik ke jalan jalan alternatif.

Kami mengharapkan dukungan kepada semua pihak agar situasi kamtibmas di wilayah Bantul dapat terjaga, tutup Kapolres Bantul.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger