PENGAMANAN GIAT MERTI DUSUN KEMBARAN KASIHAN

Senin, 30 Desember 20130 komentar



Ribuan warga tumpah ruah berkumpul di lapangan CV Selorejo untuk menghadiri acara Kirab Budaya dalam rangka merti dusun di dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Minggu, 29 Desember 2013 pukul 14.00 wib.

Route Kirab Budaya mengambil start dari Lapangan CV Selorejo kebarat, pertigaan Mediko keutara, pertigaan Gonjen kebarat, pertigaan las kamdani keselatan kemudian finish di lapangan Bola voley kemudian dilanjutkan dengan rebutan gunungan Rojo Koyo.

Setelah kegiatan rebutan gunungan selesai dilanjutkan prosesi “Kenduri”. Kenduri adalah prosesi doa bersama yang mana setiap warga membawa makanan dari rumah untuk didoakan dan dimakan bersama warga dan tamu-tamu yang hadir.

Tradisi yang sudah berjalan sekian puluh tahun ini masih banyak dilaksanakan di desa-desa. Hakekatnya sama, yakni sebagai wujud syukur pada Tuhan atas segala kenikmatan Yang diberikan, baik berupa lahan yang subur, kesehatan, dan sebagainya.

Do’a bersama dipimpin oleh Lurah Desa Tamantirto Bapak wisnu Ardi. Dalam pesannya Lurah Desa Tamantirto Bapak wisnu Ardi mengatakan, Sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur pada Allah atas segala kenikmatan. “Dengan Sedekah bumi ini harapannya Allah SWT memberi rejeki yang lebih baik di masa yang akan datang,” tuturnya.

Agenda kegiatan dihadiri Lurah Desa Tamantirto Bapak Wisnu Ardi. Dalam sambutannya Bapak wisnu Ardi mengatakan, Budaya Semacam ini harus dilestarikan agar semakin memupuk rasa kebersamaan. “Selayaknya budaya kebersamaan ini terus dilestarikan dan menjadi kepribadian kita sebagai daerah tujuan wisata budaya,” katanya.

Bapak wisnu Ardi juga berharap, desa Kembaran ke depan mampu menjadi daerah tujuan wisata terkemuka di Kasihan, sehingga mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Sementara personil Polsek Pajangan di bantu TNI dan masyarakat masih tetap menjalankan pengamanan hingga berakhir kegiatan dengan harapan kegiatan nerjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Kasihan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger