KOMANDAN LANTAMAL V RESMIKAN POS ANGKATAN LAUT SAMAS

Rabu, 12 Februari 20140 komentar



Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI. Sumadi, S.Sos meresmikan Pos Angkatan Laut Samas di Dusun Ngepet Srigading Sanden Bantul, Rabu pagi, 12 Feb 2014.

Upacara Peresmian dihadiri Bupati Bantul, Ketua DPRD Bantul, Dirpolair Polda DIY, Kapolres  Bantul, Dandim Bantul, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Kepala Pengadilan Negeri Bantul,  Pejabat Instansi Sipil dan Militer, Para pemuka agama, Tokoh masyarakat dan para tamu undangan.

Dalam Sambutannya Komandan Lantamal V menyampaikan, Saya ingin mengingatkan kembali hakekat dari keberadaan suatu Pos AL, yang diimplementasikan kedalam tugas pokok, peran dan fungsinya sebagai elementer kecil dalam strata gelar pangkalan TNI AL. Sebagai satuan pelaksana, Pos pengamat TNI AL pada hakekatnya bertugas pokok mengumpulkan informasi dan atau data intelijen maritim, yang selanjutnya dikaji dan dievaluasi sebagai data  masukan untuk pengambilan keputusan, baik pada tingkat taktis, operasi maupun strategis.

Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut, Pos AL menyelenggarakan fungsi-fungsi sebagai berikut :

1, Menyusun dan  melaksanakan rencana dan program pembinaan sarana dan prasarana intelijen maritim berdasarkan rencana dan program kerja Danlantamal V.

2,  Melaksanakan pengamatan  terhadap aspek kemaritiman setempat dalam bentuk patroli keamanan laut secara terbatas.

3, Melaksanakan koordinasi dengan Komando atas dan kerjasama dengan badan maupun instansi terkait untuk kepentingan pelaksanaan tugasnya.

4,  Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan rencana dan progamnya  guna pencapaian sasaran tugas secara efektif dan efisien.

5,  Mengajukan saran kepada Komandan Lanal mengenai hal-hal yang berhubungan dengan tugasnya.

Mencermati tugas dan  fungsi tersebut yang dihadapkan pada kondisi geografi,  maka  adalah tepat pemilihan dan penempatan  salah satu Pos AL di kawasan ini.

Hal ini menunjukkan betapa tinggi nilai taktis,  operasional dan strategis, khususnya dalam kaitannya dengan pengamanan dan pengendalian jalur lalulintas laut utamanya di perairan samudera  indonesia.

Kita sadari bahwa dengan keterbatasan sumberdaya yang ada yang dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis, maka merupakan tuntutan kebutuhan yang logis untuk diresmikannya Pos AL  Samas. Oleh karenanya kepada rekan rekan instansi pemerintah baik sipil maupun militer serta seluruh masyarakat Samas  khususnya, Saya mohon untuk ikut membantu Pos AL  ini dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger