PENARIKAN PKL MAHASISWA STIKES A. YANI DI TRIWIDADI PAJANGAN

Minggu, 23 Maret 20140 komentar



Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng bersama Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aipda Ngadiman menghadiri acara penutupan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) A. Yani Yogyakarta di Balai Desa Triwidadi, Jumat, 21 Maret 2014 jam 09.00 Wib. PKL ini telah dilaksanakan di sembilan pedukuhan yang ada di desa Triwidadi sejak tanggal 10 Februari dan berakhir tanggal 20 Maret 2014.

Acara dihadiri Oleh Camat Pajangan Ibu Dra. Sri Kayatun, Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Puskesmas Pajangan Bpk. Siswanto, Pendamping Mahasiswa Stikes Ibu Novita, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Babinsa Triwidadi, Kepala Dukuh, Ibu-Ibu Kader PKK dan Mahasiswa PKL STikes A. Yani.

Pendamping PKL Ibu Novita dalam sambutanya mengharapkan agar ilmu yang sudah disumbangkan dalam upaya menyehatkan masyarakat oleh Mahasiswa Stikes dapat diteruskan oleh masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Triwidadi. Selanjutnya karena masa PKL telah selesai maka ke 95 Mahasiswanya yang PKL di Desa Triwidadi akan ditarik kembali ke kampus, diharapkan kepada peserta PKL dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di lapangan pada pelajaran kuliah. Terakhir Ia mengatakan  kepada masyarakat Desa Triwidadi apabila dalam melaksanakan PKL Mahasiswanya ada yang melakukan kesalahan baik perbuatan maupun perkaatan agar dimaafkan.

Pada kesempatan tersebut Lurah Desa Triwidadi menyampaikan beberapa patah kata diantaranya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pendamping maupun para Mahasiswa Stikes A. Yani yang telah menyumbangkan ilmunya dan mengajari masyarakat Desa Triwidadi tentang berbagai cara merawat kesehatan sehingga terhindar dari penyakit. Atas nama Pemerintah Desa Triwidadi dan warga beliau menyampaikan maaf apabila selama melayaninya banyak kekurangannya dan jauh dari harapan. Terakhir Ia membuka pintu yang selebar-lebarnya apabila dikemudian hari para Mahasiswa ingin bersilaturohmi dengan Pemerintah Desa maupun dengan Bapak Dukuh ataupun ingin mengadakan penelitian di Desa Triwidadi, Pemerintah Desa Triwidadi siap membantu hal tersebut. Bapak Lurah juga berpesan “jaga tali persaudaraan dan komunikasi meskipun PKL sudah selesai”.

Bapak Siswanto dari UPT Puskesmas Pajangan pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan pelaksanaan PKL Mahasiswa Stikes. Ia juga menambahkan bahwa Kesehatan merupakan tanggung jawab kita bersama tidak bisa menjadi tanggung jawab satu pihak untuk menciptakan derajat setinggi tinginya kesehatan masyarakat.

Pihak Puskesmas sebagai pendamping menyatakan bahwa KKN ini benar-benar menyentuh warga masyarakat dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta merupakan transfer ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. Pendataan-pendataan yang dilakukan Mahasiswa dapat menjadi bahan masukan untuk penangan masalah kesehatan di lingkungan masyarakat Pajangan misalnya masalah Demam Berdarah di Dk Kayuhan Wetan.

Kemudian Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun menambahkan bahwa dengan adanya PKL ini diharapkan masyarakat mempunyai skil (kemampuan) yang diberikan oleh Mahasiswa sehingga masyarakat mempunyai prefentif guna menjaga kesehatannya. Ia mengharapkan agar kegiatan semacam ini untuk diagendakan untuk dilakukan di Desa yang lain sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pembangunan dapat berlangsung apabila masyarakatnya sehat, masyarakat yang sehat merupakan dambaan kita bersama. Ia mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Pajangan yang telah mendapingi para Mahasiswa dan juga kepada Pemerintah Desa Triwidadi sebagai tempat diselenggarakannya PKL Mahasiswa Stikes Yogyakarta.

Menginjak acara inti para Mahasiswa Stikes A. Yani memaparkan hasil-hasil yang telah dilakukan selama PKL di Desa Triwidadi hingga berakhirnya acara dalam situasi aman dan tertib. (Sihumas Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger