SOSIALISASI PEMILU 2014 DILAKSANAKAN SECARA SERENTAK DI 3 DESA YANG ADA DI KECAMATAN PAJANGAN

Minggu, 23 Maret 20140 komentar



Bhabinkamtibmas Posek Pajangan Brigpol Supri Handono, SH, Bripka Tetepanan dan Aipda Ngadiman menghadiri kegiatan sosialisasi Pemilu 2014 di tiga desa yang ada di kecamatan Pajangan yaitu desa Guwosari, Sendangsari dan Triwidadi. Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Relawan Komisioner Pemilu Kab. Bantul yang diselenggarakan oleh masing-masing PPS (Panitia Pemungutan Suara).

Sosialisasi Pemilu 2014 ini bertujuan menyampaikan pengetahuan tentang pemilu 2014 kepada unsur penyelenggara Pemilu maupun pemilih untuk dapat mengetahui hak, kewajiban, tugas dan tanggung jawabnya baik penyelenggara maupun masyarakat pemilih sehingga tidak terjadi golput (golongan putih), kesalahan saat pencoblosan yang berakibat suara tidak sah dan untuk menyukseskan Pemilu 2014 mendatang.

Kegiatan Sosialisasi dihadiri oleh Lurah Desa masing-masing, PPS Desa dan anggotanya, Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), Kepala Dukuh, Ketua RT, Pemuda Karang Taruna, Ibu-Ibu PKK, Perangkat Desa, Pemilih Pemula, Tokoh Masyarakat dan Tokoh agama serta didampingi oleh Ketua PPK maupun anggotanya, di masing-masing Desa.

Pada Desa Guwosari dihadiri oleh Komisioner KPU Kab. Bantul yang juga merupakan warga Desa Guwosari Bpk. Arif Widayanto S. FIL.I dan Bpk. H. Juremi, S. Sos dan Relawan Demokrasi KPU Kab. Bantul Sdri. Tri Winarti, Desa  Sendangsari dihadiri juga Ketua PPK Pajangan Bpk. Zandaru dengan Relawan Demokrasi KPU Kab. Bantul Bpk. Fauzan dan Sdri. Lina dan untuk Desa Triwidadi sebagai Relawan Demokrasi KPU Kab. Bantul Ibu Paini.

Materi yang diberikan kepada masyarakat pada kesempatan tersebut mengenai hal dasar Undang-Undang pelaksanaan Pemilu, azas Pemilu, pelaksanaan Pemilu, lanjutan tahapan pelaksanaan Pemilu, waktu / jam dan tanggal pemungutan suara, Partai Politik Peserta Pemilu, alokasi jumlah kursi Legislatif baik DPR RI, DPD DI, DPRD DIY, DPRD Kab. Bantul, Jumlah Caleg di Kab. Bantul, DPT dan jumlah TPS di Kab. Bantul, waktu dan cara Kampanye, aturan pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye), masa tenang, hak memilih, jenis daftar pemilih, penggunaan KTP untuk hak memilih, pendampingan bagi pemilih berkebutuhan khusus, jenis surat suara, contoh suara sah dan penghitungannya, denah TPS (Tempat pemungutan Suara), Peranan Pemda, Linmas sebagai unsur KPPS, petugas keamanan TPS, peran serta masyarakat pada Pemilu, hak masyarakat pada Pemilu, kewajiban masyarakat pada Pemilu dan dilakukan simulasi Pemilu 2014 serta tanya jawab hal-hal yang belum dimengerti oleh peserta simulasi sat menghadapi Pemilu 2014 mendatang.

Hingga selesainya kegiatan sosialisasi Pemilu di 3 Desa yang ada di Kecamatan Pajangan situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger