SOSIALISASI KESEHATAN DAN PEMBENTUKAN POS REMAJA OLEH PUSKESMAS PAJANGAN DI BALAI DESA SENDANGSARI

Senin, 28 April 20140 komentar



Sabtu, 26 April 2014 jam 20.00 WIB, Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana menghadiri sosialisasi tentang Pembentukan Pos Remaja Kesehatan Reproduksi dan upaya mencegah pernikahan dini yang diselenggarakan oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis) Puskesmas Pajangan bekerjasama dengan Karang Taruna Seta Jala Nidhi Timur (Sejati) Desa Sendangsari bertempat di Balai Desa Sendangsari pajangan Bantul.

Acara dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Pajangan sekaligus sebagai  pemberi materi dr. Lucia Sri Rejeki, MPH dan anggotanya, Kepala Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Ketua Karang Taruna Sejati Desa Sendangsari Sdr. Yuhri Satrio, anggota Karang Taruna Desa Sendnagsari dan perwakilan KKN Mahasiswa UPY.

Katua Karang Taruna Desa Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua yang hadir. Ia mengharapkan agar teman-teman Karang Taruna lebih fokus mendengarkan pemaparan dari Ibu Kepala Puskesmas Pajangan dan mengharapkan peran sertanya untuk pembentukan Pos Pemuda Sehat Desa Sendangsari.

Dalam Pemaparannya Kepala Puskesmas Pajangan menyampaikan latar belakang pembentukan pos remaja bahwa pada tahun 2013 data pernikahan di KUA Pajangan berjumlah 249, dari data tersebut separuh pengantin wanitanya dibawah 20 tahun.

Dalam ilmu kesehatan menikah muda dibawah umur 20 tahun, untuk perempuan memicu terjadinya kanker leher rahim karena alat reproduksinya belum matang / tumbuh sempurna sehingga dapat mempengaruhi perkembangan janin apabila hamil  selain itu dapat menimbulkan terjadinya KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga) dan terjadinya perceraian karena pikiran dan emosinya belum stabil.

Untuk itu Puskesmas Pajangan ingin membentuk Pos Remaja setiap Desa di Kec. Pajangan, masing-masing Desa berjumlah 10 orang, nantinya 30 Remaja tersebut akan mendapat pembekalan di Puskesmas Pajangan untuk dijadikan motifator, konselor  dan tempat curhat bagi remaja-remaja lainnya di Desanya.

Ia berpesan agar setelah menjadi konselor, motifator dan tempat curhat para remaja tersebut dapat menjaga kerahasiaan konselinya, Pelatihnya didatangkan dari U Center Taman Siswa Yogyakarta. Menurutnya tujuan dari kegiatan ini nantinya dapat menurunkan angka pernikahan usia dini di Wilayah Pajangan, sehingga dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan terjadinya penyakit kanker mulut rahim.

Kepala Desa Sendangsari menyambut baik rencana kegiatan pembentukan pos remaja tersebut.  Ia mengharapkan agar Karang Taruna Desa Sendangsari sebagai Pelopor dapat membantu kesuksesan program dari Puskesmas Pajangan tersebut. Karang Taruna agar pengabdiannya tidak berhenti hanya di Karang Taruna saja, segala lini program Pemerintah harus didukung.

Sosialisasi dari Puskesmas Pajangan telah dilaksanakan di 3 (tiga) Desa se Kec. Pajangan. Desa Sendangsari dilaksanakan pada tanggal 24 April 2014, Desa Triwidadi tanggal 25 April 2014 dan terakhir di Desa Sendangsari ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta kepada pemberi materi berkaitan hal tersebut. Hingga selesaianya kegiatan  Sosialisasi Pembentukan Pos Remaja Motifator Kesehatan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan).

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger