SUBBAG HUMAS POLRES BANTUL SOSIALISASIKAN PENERIMAAN TARUNA AKPOL TA 2014

Kamis, 24 April 20140 komentar



Tanggal 19 April Tahun 2014 Polri telah membuka pendaftaran Taruna Akpol TA 2014 dan akan ditutup pada tanggal 25 Mei 2014. Oleh karena itu Humas Polres Bantul mensosialisasikan ini ke Publik dengan secara Online di http://humaspolresbantul.blogspot.com/ atau https://www.facebook.com/humas.polresbantul?ref=tn_tnmn dan menempelkan brosur penerimaan Taruna Akpol TA 2014 di tempat pengumuman dan tempat tempat pelayanan yang ada di Mapolres Bantul, Kamis, 24 April 2014.

Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sutrisno menjelaskan Sosialisasi ini selain bertujuan untuk menyebar luaskan informasi tentang penerimaan taruna Akpol tahun 2014 juga untuk menjelaskan prosedur penerimaan anggota kepolisian yang baik dan benar.

"Jumlah peserta didik yang nanti akan diterima sebanyak 300 orang terdiri dari 250 pria dan 50 wanita, dengan lama pendidikan selama empat tahun bertempat di Akademi Kepolisian Semarang," kata Kasubbag Humas Polres Bantul.

Pembukaan pendidikan Taruna dan Taruni Akpol Tahun Anggaran 2014 ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2014.

"Selama pelaksanaan penerimaan Calon Taruna dan Taruni Akpol Tahun Anggaran 2014 tidak dipungut biaya apapun serta tetap berpedoman bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH)," katanya.

Pendaftaran pun dilaksanakan Polda DIY, calon peserta sebelumnya harus melakukan registrasi daring (online) melalui situs web www.penerimaan.polri.go.id.

"Pada saat pendaftaran calon harus datang sendiri ke tempat pendaftaran. Jadi tidak boleh diwakilkan oleh siapapun juga," Jelas Kasubbag Humas Polres Bantul.

Kasubbag Humas menghimbau kepada peserta pendaftaran penerimaan taruna akademi kepolisian (Akpol) tahun 2014 agar tidak mempercayai calo dan pihak lain yang berusaha mencari keuntungan.

Adapun Syarat untuk bisa mendaftar adalah :

1. Persyaratan umum :

- Warga Negara Indonesia (pria dan wanita);
- Usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan;
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
- Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
- Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK);
- Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian.

2. persyaratan lain :
- Berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS dengan ketentuan :
bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan :
nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8 atau;
nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25 s.d. 7,99 harus memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan TOEFL diatas 500.

- Bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25.

- Bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas III semester 1 dengan ketentuan :
bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata-rata minimal 8;
bagi yang berusia 17 s.d. 21 tahun nilai rata-rata minimal 7,25;

- Setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan dengan persyaratan butir b 1).

tinggi badan minimal : pria : 163 cm dan wanita : 160 cm.

- Dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

- Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan;

- Bersedia melaksanakan ikatan dinas selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai diangkat menjadi Perwira Polri (masa dinas surut tidak diperhitungkan);

- Memperoleh persetujuan orang tua/wali;

- Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;

- Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat dan atau KK (bagi yang berusia 17 tahun ke atas) atau surat keterangan Kepala Desa/Lurah berdasarkan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). Bagi yang sedang menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan rapor/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda pendaftaran;

- Bagi yang sudah bekerja tetap sebagai pegawai/karyawan :
mendapat persetujuan/rekomendasi dari Kepala Instansi/Satker ybs;
bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti Diktuk Taruna Akpol.

harus mengikuti dan lulus seleksi baik tingkat Panda dan Panpus dengan menggunakan sistem gugur dalam tahapan yang meliputi :
- Pemeriksaan administrasi awal;
- Pemeriksaan kesehatan tahap I;
- Pemeriksaan psikologi;
- Pengujian akademik dengan materi pengetahuan umum (Undang Undang Kepolisian dan muatan lokal), bahasa Indonesia, matematika.
- Pemeriksaan kesehatan tahap II;
- Pengujian kemampuan jasmani dan antropometri;
- Pemeriksaan administrasi akhir;
- Sidang penetapan kelulusan tingkat panda.

OUT PUT : Pangkat IPDA (Inspektur Polisi Dua), Gaji Minimal Rp. 3.681.800 belum termasuk remunerasi, Lama Pendidikan 4 Tahun, Buka Pendidikan 25 JULI 2014, Tempat Pendidikan AKPOL SEMARANG.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger