LOUNCHING POS REMAJA SETARA KEC. PAJANGAN

Kamis, 29 Mei 20140 komentar



Bertempat di Puskesmas Pajangan Bantul telah dilaksanakan kegiatan Lounching Pos Remaja  “SETARA” (Sehat Sek Edukasinya untuk Remaja) Kec. Pajangan yang bertemakan “Sehat Itu Aku” oleh UPT (Unit Pelaksana Teknis) Puskesmas Pajangan, Minggu, 25 Mei 2014 jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan Aiptu Subari, Aipda Ngadiman, Bripka Tetepana dan Brigpol Supri Handono, SH, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bantul drg. Maya Sintowati Panji, MM, Kasikemas Kec. Pajangan Marsudi, Kepala UPT Puskesmas Pajangan dr.Lucia Sri Rejeki, MPH, Kabid Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Ibu Siti Munawaroh, Ibu Lurah Sendangsari, Ketua PLKB, Ketua Karang Taruna se Kec. Pajangan, Perwakilan dari KUA Pajangan, Remaja perwakilan setiap Desa kec. Pajangan masing-masing 10 orang, Mahasiswa KKN UPY Desa Sendangsari, peserta ± 40 orang.

Dalam Pemaparannya Kepala Puskesmas Pajangan menyampaikan latar belakang pembentukan pos remaja bahwa pada tahun 2013 data KUA Pajangan berkaitan penikahan berjumlah 249, dari data tersebut 1/2nya umur pengantin perempuannya dibawah 20 tahun, 1/5 umur pengantin dibawah 20 tahun (pernikahan dini).

Ia menyampaikan dampak-dampak dari pernikahan dini diantaranya, hubungan seksual dibawah umur 20 tahun dapat memicu terjadinya kangker leher rahim, kehamilan dibawah umur 20 tahun merupakan kehamilan beresiko karena rahim belum siap menerima kehamilan dan remaja remaja mudah mengalami anemia saat kehamilan yang akan mengakibatkan komplikasi persalinan dan berdampak tingginya angka kematian saat melahirkan, interaksi dengan sebaya menjadi berkurang, kehilangan kesempatan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, kesempatan kerja menjadi sempit, status ekonomi keluarga rendah karena pendidikan yang minim, ketidaksiapan pasangan secara psikologis meningkatkan angka kekerasan dalam rumah tangga sehingga keluarga kurang harmonis dan dapat meningkatkan angka perceraian.

Puseksmas Pajangan bersama dengan U Center telah melatih 30 orang remaja dari 3 Desa di Kec. Pajangan sebagai konselor Kesehatan untuk dijadikan motifator, konselor  merupakan tempat curhat bagi remaja-remaja lainnya di Desanya. Terakhir Ia mengatakan bahwa untuk berkonsultasi mengenai kesehatan reproduksi remaja, Puskesmas Pajangan siap membuka diri sebagai konsultan kapan pun juga, Puskesmas sebagai Sahabat Remaja. Kita semua diharapkan agar memakai kearifan dan hati nurani dalam menyikapi perkembangan ilmu dari Barat, kita sesuaikan dengan kepribadian dan kebudayaan Bangsa Indonesia.

Dari pihak Kec. Pajangan menyambut baik program dari Puskesmas Pajangan berkaitan pembentukan Pos Remaja di Kec. Pajangan, hal tersebut disampaikan oleh Kasi Kemas Kec. Pajangan Bpk. Mursidi.

Kepala Dinas Kab. Bantul pada kesempatan tersebut memberikan sambutan, bahwa sesuai dengan yel Kesehatan kab. Bantul yaitu “Bantul Cinta Sehat, Bantul Ku Hebat” salah satu segmennya adalah sehat itu aku sesuai tema pada kesempatan tersebut. Bantul Cinta Sehat, Bantul Ku Hebat merupakan penyemangat bahwa ketika kita sehat kita akan menjadi hebat, menjadi hebat sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, kalau remaja ya remaja yang hebat, kalu ibu hamil ya ibu hamil hebat bisa melahirkan dengan semangat, kemudian lahirlah bayi-bayi atau anak-anak yang sehat, dididik dengan semangat yang hebat yang nantinya menjadi remaja-remaja yang sehat dan hebat.

Ia berterimakasih kepada Ibu Lucia karena program ini merupakan yang pertama di Kab. Bantul, program ini juga untuk menurunkan angka kematian Ibu hamil dan bayinya. Ia mengajak kepada para remaja untuk serius melakukan program Pos Remaja ini, remaja harus sehat, bagian dari sehat adalah sehat reproduksi dan diperlukan rencana kapan remaja akan menikah. Apabila remaja mengalami masalah harap di koordinasikan dengan Puskesmas dan apabila di Puskesmas mengalami masalah bisa dibahas di tingkat Dinas Kabupaten. Pos Remaja ini akan dijadikan entry point disetiap Puskesmas di Kab. Bantul nantinya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan acara talk show dengan nara sumber Ibu Kepala Dinas Kab bantul dan Ibu Kepala Puskesmas Pajangan. Ibu maya pada kesempatan tersebut menyampaikan, remaja mempunyai energi dan kekuatan yang sangat besar dan harus diarahkan kepada hal-hal yang positif. Pos Remaja ini merupakan wadah untuk menyalurkan ke hal-hal yang positif tersebut.  Kepala Puskesmas Pajangan menyampaikan bahwa usia paling baik untuk melakukan perkawinan adalah pada usia 25 tahun untuk laki-laki dan 20 tahun untuk perempuan.

Kepala Dinas Kab. Bantul berpesan kepada para remaja agar selalu sehat menyalurkan energi positif ke hal positif. Remaja harus mempunyai sopan santun dan berbudi luhur dantinggalkan hal-hal yang negatif tidak usah coba-coba serta kerjasama yang baik dengan sesama (team work).

Acara tersebut ditutup dengan Dance for life untuk tarian anti HIV dan sek bebas, yang dipandu dari U Centerdan diikuti oleh peserta lonching yang hadir termasuk Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan.Hingga selesaianya kegiatan  lounching Pos Remaja Kec. Pajangan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger