PENGAMANAN ACARA BUDAYA RITUAL MERTI DUSUN KREBET PAJANGAN

Senin, 19 Mei 20140 komentar




Telah digelar acara budaya Ritual Merti (Rumat) di Dusun Krebet Sendangsari Pajangan Bantul yakni berupa arak arakan Gunungan, Sabtu, 17 Mei 2014 jam 12.30 Wib.

Ritual Merti ini dilaksanakan di Pendopo Karosan Rmh. Bapak Sapto Sarosa dan mendapat pengamanan dari anggota Polsek Pajangan yang dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Tetepana.

Menurut Bpk. Kemiskidi sebagai penanggung jawab acara bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk melestarikan tradisi nenek moyang yang merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) atas rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada masyarakat.

Selain itu juga untuk memperkenalkan dan mengembangkan budaya dan berbagai potensi Dusun Krebet sebagai Dusun wisata di kab. Bantul yang terkenal dengan kerajinan ukir kayu dan batik kayunya. Mendukung Pemerintah dalam rangka Visit Indonesia 2014 dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

Di Dusun Krebet memiliki 45 sanggar seni yang menampung ± 500 orang perajinnya. Selain itu Krebet juga memiliki home stay untuk wisatawan menginap. Wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan berbagai kerajinan baik ukir maupun batik kayunya. Di Krebet terdapat juga sanggar seni tari maupun karawitan.

Upacara ritual Merti Dusun Krebet menurut Bapak Kemiskidi diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Jumadil Akhir atau Rejeb dalam kalender jawa.

Ritual Bersih Dusun Krebet sudah masuk dalam agenda wisata Kab. Bantul. Pelaksanaan Ritual Merti Dusun Krebet pada tahun ini dimulai pada tanggal 15 Mei 2014 yaitu ziarah di makam Candi Mulyo, Tanggal 16 Mei 2014 Pentas Ketoprak mataram dan yang terakhir tanggal 17 Mei 2014 ritual berupa arak arakan gunungan mengelilingi Dusun Krebet finis di Pendopo Kasarosan kemudian dilanjutkan umbul dungo pujo basuki bhekti pertiwi dan pentas jathilan Bekso Kudho Mataram, kemudian pada malam harinya sebagai penutupan acara diselenggarakan Pagelaran wayang Kulit dengan Dalang Ki Waryudi dari Kota Gede Yogyakarta.

Acara dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kab. Bantul, PT. Telkom DIY, ISI Yogyakarta, Paguyuban Batik Sekar Jagad DIY Ibu Suliantoro Sulaiman, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Lurah Desa Sendangsari Bpk. Muh. Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi sebagai Penanggungjawab serangkaian acara Merti Dusun Krebet, Bpk. Anton Wahana, Para Ketua RT Dk Krebet, tokoh agama, tokoh masyarakat, warga Dk Krebet. Masyarakat yang menyaksikan ritual acara Merti Dusun Krebet Sendangsari Pajangan, sejumlah ± 3000 orang. Hingga selesainya Ritual Merti Dusun Krebet Sendangsari pajangan berakhir dalam keadaan aman kondusif.(Sihumas Pajangan).


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger