BHABINKAMTIBMAS SENDANGSARI HADIRI PEMBUKAAN PAMERAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN BPP PAJANGAN

Rabu, 18 Juni 20140 komentar



Selasa, 17 Juni 2014 jam 10.00 Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Polsek Pajangan Bripka Tetepana menghadiri acara pembukaan pameran pertanian, perikanan dan kehutanan BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Pajangan di kantor BPP Pajangan Bantul.

Acara dihadiri oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kab. Bantul diwakili oleh kabid Penyuluhan Bpk. Ir. Imawan Eko Handriyanto MP, perwakilan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul, Camat Pajangan  Dra. Sri Kayatun, Kepala Instansi Kec. Pajangan, Kela Sekolah di Kec. Pajangan, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, perwakilan Lurah se Kec. Pajangan, Ketua dan pengurus Gapoktan dan kelompok Tani se Pajangan, Kepala Dukuh Benyo Bpk. Surinto serta Ketua RT 01 Dk. Benyo, peserta ± 60 orang.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Koordinato BPP Pajangan, Bpk. Slamet, S.PKP, dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah kurangnya publikasi hasil dari pertanian, perikanan dan kehutanan, kesadaran pengunaan bahan baku pangan lokal masih rendah dan mendukung program ketahanan pangan pemerintah.

BPP Pajangan mengadakan kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan teknologgi baru meningkatkan hasil pertanian, perikanan dan kehutanan, mempromosikan hasil-hasil produksi dari pertanian, perikanan dan kehutanan di wilayah Pajangan terutama diversifikasi pangan lokal sehingga dapat menumbuhkan pengertian dan apresiasi pembangunan aspek pertanian, perikanan dan kehutanan dan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat memanfaatkan dan mengkonsumsi hasil pangan lokal serta meningkatkan eksistensi keberadaan BPP Pajangan.

Menurutnya pameran ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 17 s/d 19 Juni 2014 dan dalam penutupan nantinya akan dilaksanakan senam lansia serta pemberian hadiah. Ditambahkan pula pameran ini diikuti oleh Gapoktan, kelompok tani, Kelompok wanita tani dan home industri hasil pertanian, perikanan dan kehutanan. Mengenai sumber dana pelaksanaan kegiatan dari bantuan BKPPP Kab. Bantul dan swadaya Gapoktan, Kelompok tani dan kelompok wanita tani di Kec. Pajangan. Ia mengharapkan dengan pameran ini masyarakat mau mengkonsumsi bahan baku pangan lokal sebagai makanan pokok dalam keluarga.

Bpk. Ir. Imawan Eko Handriyanto MP dari BKP3 Kab. Bantul pada sambutannya menyampaikan bahwa pameran ini bersamaan dengan pameran di Kec. Bantul, Kec. Pandak, Sanden dan Srandakan. BPP Pajangan menurutnya baru yang pertama kali dan merupakan terobosan mengadakan pameran hasil pertanian, perikanan dan kehutanan di wilayah Kab. Bantul yang tujuan utamanya untuk memantapkan ketahanan pangan.

Menurutnya produk pangan lokal perlu dipromosikan hingga tingkat nasional. Ia juga menyampaikan keberadaan Balai Penyuluh Pertanian adalah milik kita, kegiatannya tidak hanya budi daya pertanian saja, perikanan, peternakan, kehutanan termasuk di dalamnya dan sampai pada ovam/pengolahan pasca panen, pengemasan dan sampai ke tingkat pemasaran. Menuruntnya pula kegiatan ini harus dikelola dengan akuntabel sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Ia mengajak para pelaku usah pertanian, perikanan dan kehutanan untuk kreatif dan inovatif dalam pemasarannya dan tidak bergantung kepada orang lain harus jemput bola sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan potensi dari Pajangan dapat terangkat, Pameran ini adalah merupakan pintu masuk untuk mempromosikan hasil-hasil pertanian, perikanan dan kehutanan.

Camat Pajangan dalam sambutannya sangat mengapresiasikan baik kegiatan pameran ini dan berterimakasih atas bantuan dari BKP3 kab Bantul dan swadaya dari gapoktan di Kec. Pajangan sehingga kegiatan pameran ini dapat terlaksana.

Ia mengajak warga masyarakat Pajangan, segala permasalahan berkaitan dengan masalah pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan dapat dikonsultasikan ke BPP Pajangan untuk diselesaikan dan dicari solusinya. Ia mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dapat diketahui perkembangannya.

Menurutnya kekurangan pangan dan  ketidak merataan pangan dapat menyebabkan efek kepada sektor ekonomi, sosial,  keamanan hingga politik untuk itu perlu kedaulatan pangan dengan memperdayakan potensi  pangan lokal. Ia mengharapkan pula dari BKP3 ada rekayasa agar tanah di Pajangan yang mayoritas kering dapat diairi dan subur untuk ditanami. Kreatifitas dari pengolahan hasil pangan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Pajangan. Produk dari emping garut sebagai ikon pangan dari Pajangan harus kita angkat sehingga dikenal oleh masyarakat luas.

Ia juga menyampaikan di Bali Desa Sendangsari tadi telah dibuka Gebyar kearifan lokal  yang diikuti anak-anak SD salah satunya SD Sendangsari dimana pada kesempatan tersebut diperkenalkan produksi pangan lokal umbi-umbian, garut dan ketela pohon yang dikemas sedemikian rupa sehingga sejak anak-anak nantinya akan cinta produk olahan pangan lokal tidak yang instan-instan. Terakhir Ia mengharapkan dukungan dari BKP3 Kab. Bantul untuk pengembangan produk pangan lokal di Kec. Pajangan.

Selesai memberikan sambutan Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dengan resmi membuka Pameran Pertanian, Perikanan dan Kehutanan di BPP Pajangan dan berkesempatan untuk berbelanja hasil dari produk pangan lokal yang dipamerkan. Hingga selesainya acara pembukaan pameran tersebut situasi kondusif aman. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger