PENGAMANAN WISUDA QOTMIL QUR’AN KE VIII DAN HAUL KH. MUFID MAS’UD DI PONPES TARBIYATHUL QUR’AN PAJANGAN

Selasa, 24 Juni 20140 komentar



Personil Polsek Pajangan dan Linmas dipimpin oleh Kasihumas Aiptu Sunarto melaksanakan pengamanan giat Wisuda Khotmil Qur’an ke VIII dan peringatan Haul KH. Mufid Mas’ud di Ponpes Tarbiyatul Qur’an Dk Gupakwarak Sendangsari Pajangan, Minggu, 22 Juni 2014 jam 20.00 Wib.

Acara dihadiri oleh Pimpinan Ponpes Tarbiyatul Qur’an Dk Gupakwarak (Kyai Ahmad Dakhori), Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, H. Sapta Sarosa, S.Psi, KH. Muh.  Adnan, KH. Raden Najib Abdul Qodir, KH. Ahmad Murod, Kiyai Zainudin, Kepala Dukuh Gupakwarak Bpk. Soderi, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga masyarakat Pajangan dan Pandak sejumlah ± 1000 orang.

Santri peserta Khotmil Qur’an Pondok pesantren Tarbiyatul Qur’an sebanyak 20 orang terdiri dari 8 santri laki-laki dan 12 santri perempuan. Setelah dilakukan prosesi Khotmil Qur’an kemudian dilanjutkan dengan acara Tahlil dan Doa Khotmil Qur’an dipimpin oleh KH. Muh. Adnan dan KH. Raden Najib Abdul Qodir.

Lurah Desa Sendangsari dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan acara Khotmil Quran ke VIII Ponpes Tarbiyathul Qur’an Dk. Gupakwarak ini. Ia berharap dengan adanya Ponpes Tarbiyatul Qur’an di Desanya bisa membawa kearah kebaikan dan kemajuan karena membaca Al Qur’an yang mempunyai banyak faedah dapat dilaksankan oleh para jemaah yang hadir setiap harinya. Ditengah perkembangan agama saat ini, Ia mengajak agar warga dan jemaah yang hadir untuk mengantisipasi hal tersebut dan ia mengajak untuk selalu menjalankan agama Islam sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para Waliyulloh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Pengajian diisi oleh KH. Ahmad Suharmaji, SPd.I dari Ponpes Ulil Albab Depok Sleman, Ia menyampaikan banyak keutamaan membaca sholawat nabi bersedekah dan sholat malam untuk diri kita. Ia juga mengupas bulan Rajab, huruf Rok adalah Rohmatulloh/kasih sayang Allloh kepada seluruh umat manusia untuk itu umat Islam harus bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Alloh SWT, Jim adalah Jirmutla’ahbi (dosanya umat manusia) Ia mengajak untuk memohon ampun kepada Alloh SWT dengan banyak membaca Istiqfar dan Bak adalah Bakdzumum auniya ubad manusia itu harus saling nasihat-menasihati, saling bantu membantu dalam hal kebaikan. Dalam bulan Sya’ban ada acara Ruwahan dimaksudkan agar manusia saling menyambung tali silaturokhim. Menurutnya ada dua langkah kaki yang dicinta oleh Alloh SWT yaitu langkah kaki orang yang menyambung silaturokhim dan langkah kainya orang yang akan melaksanakan sholat fardhu.  Dan dalam Ruwahan ada membaca Tahlil dan doa untuk mendoakan para leluhur yang sudah meninggal serta  acara Kenduri menurut ajaran Wali adalah  untuk bersedekah, pada jaman dulu sedekah dengan makanan dan dalam perkembangannya saat ini bersedekah bisa dalam bentuk uang/lainnya. Ia mengatakan bahwa bersedekah akan membuat kaya dan tidak membuat miskin, Alloh akan melipat gandakan sedekahnya orang yang bersedekah.

Acara Khotmil Qur’an mempunyai banyak fadillah dan keutamaan diantaranya saat membaca doanya  Khotmil Qur’an 60 ribu malaikat mengembangkan sayapnya ikut mengamininya. Al Qur’an adalah mukjizatnya umat Islam untuk itu Ia mengajak agar membaca Al Qur’an adalah merupakan kewajiban umat Islam. Banyak Fadillah membaca Al Qur’an dan fadillahnya hanya Alloh SWT yang tahu dan perlu kita yakini. Ia mengajak sebentar lagi menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H agar kita semua rajin membaca Al Qur’an. Orang yang mengutamakan akhitnya otomatis dunianya akan ikut diibaratkan menanam padi itu akhit\rat nantinya rumputnya dunia pasti akan tumbuh dan sebaliknya orang yang menanam rumput tentunya tidak akan tumbuh padi.

Hingga selesainya acara wisuda Khotmil Qur’an ke VIII dan Haul KH. Mufid Mas’ud berakhir dalam situasi aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger