PERINGATAN MALAM NUZULUL QUR’AN DAN PENYANTUNAN ANAK YATIM PIATU DI MASJID AL HIKMAH DUSUN JATEN PAJANGAN

Selasa, 22 Juli 20140 komentar



Selepas Sholat Tarawih dilaksanakan pengajian malam Nuzulul Qur'an dan Santunan Anak Yatim Piatu bertempat di Masjid Al Hikmah Dk Jaten RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu, 20 Juli 2014 jam 20.00 Wib. Kegiatan ini mengambil tema "Mari Tingkatkan Iman dan Taqwa Kita dengan membaca mengamalkan dan mengajarkan Al Qur'an".

Sebelum dilaksanakan pengajian ini telah dilaksanakan semakkan Al Qur'an dari Jamaah Sapu Jagad pimpinan Gus Nur dari Lempuyangan Yogyakarta yang dimulai sejak pagi tadi jam 07.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Muspika Pajangan Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Bhabin Sendangsari Aipda Tetepana, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, Pamong Desa Sendangsari, Kepala Duku Jaten, mangir Kidul, Tengah dan Lor, Kaum Rois 4 Pedukuhan, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Warga 4 Pedukuhan jumlah ± 1000 orang.

Ketua Panitia penyelenggara Bpk. Muh. Badrani menyampaikan bahwa Pengajian dan santunan ini diselenggarakan setiap tahun sekali dimulai sejak tahun 1987. Dana diperoleh dari bantuan warga 4 Pedukuhan saat pengajian dan pertemuan rutin warga 4 pedukuhan.

H. Sukiran Pengurus Yatiman pedukuhan Jaten dan Mangir menyampaikan dana yg terkumpul sebanyak Rp ± 33 juta diperoleh dari dana  masyarakat 4 Pedukuhan Jaten dan Mangir.

Anak Yatim Piatu yang mendapat santunan berjumlah 8 orang anak @ Rp 1,250.000,00, Pelepasan Yatim 1 anak (sudah lulus SMP) a.n ananda Essa Daru Ashifa (P), Kaum Dhuafa menerima bantuan sebanyak  97 orang, anak asuh sebanyak 14 dan anak asuh khusus sebanyak 6 orang.

Santunan anak Yatim Piatu diberikan oleh Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST.  Selain Santunan kepada anak Yatim Piatu setiap tahun sekali, Panitia juga memberikan bantuan alat-alat sekolah dan sejumlah uang setiap 4 bulan sekali selama dana persediaan Panitia masih. Terakhir Ia menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dari panitia dalam membagi santunan.

Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ucapan terimakasih kepada masyarakat Jaten dan Mangir yang dalam setiap kumpulan dan Pengajian untuk  menyisihkan dananya untuk kegiatan Yatiman di Jaten dan Mangir yg terselenggara sejak tahun 1987.

Pengisi tausiyah pengajian KH. Drs. Daman Huri dari Gilangharjo Pandak Bantul. Dalam ceramahnya Ia menyampaikan, memberi santunan kepada anak Yatim Piatu dan janda-janda, seperti Abu Tolhad mewakafkan tanahnya yang produktif seperti ladang dan sawah hasilnya digunakan utk anak yatim piatu dan janda dijamin surga oleh Alloh SWT. Ia menyampaikan Bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qodar yang tentunya Jemaah sudah mengerti dan tahu.

Ada 5 perkara wasiat Nabi Muhammad SAW kepada Anas yg sudah menginjak dewasa, pertama memperbanyak Sholat malam, Malaikat Khafadoh yang menjagamu tambah menyayangimu misalnya Sholat Witir setelah Sholat Isya' meskipun tidak dalam bulan Ramadhan. Setiap makhluk hidup ada Malaikat yang menjaga dasar Surat At Thorik Jus 30 Al Qur'an.

Kedua, ketika masuk rumah harus membiasakan uluk salam meskipun rumah kosong, salam ada doa keselamatan dan tanda. ALLoh SWT akan memberikan dan menambahi Barokah (Kebaikan di dunia) kepada kita.

Ketiga, saat tidur malam dalam keadaan masih bersuci (masih berwudhu), apabila meninggal kita dijadikan mati yang Syahid. Berhubung sudah larut malam untuk ke empat dan lima dilanjutkan pertemuan berikutnya. (Sihumas Pajangan)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger