SEHUBUNGAN KPU PUSAT UMUMKAN HASIL SUARA PILPRES 2014, POLRES BANTUL GELAR APEL SISPAMKOTA

Selasa, 22 Juli 20140 komentar



Polres Bantul gelar Apel kesiapan sistim pengamanan kota di lapangan Paseban Bantul, Selasa pagi, 22 Juli 2014. Apel dihadiri oleh Kapolres Bantul, para pejabat jajaran polres Bantul, Kodim 0729 Bantul, para perwira dan peserta apel terdiri dari personil TNI Polri.

Apel ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri dan TNI dalam mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan sehubungan dengan adanya pengumuman hasil penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden oleh KPU pusat hari ini.

Sambutan tertulis Kapolres Bantul AKBP Surawan, Sik yang dibacakan oleh Komandan Kodim Bantul Letkol Kav Tumadi,S.Sos mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kehidupan demokrasi di indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat,  berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

Sehubungan hal tersebut, kita melihat proses pendewasaan demokrasi sedang berlangsung  yang dimulai dari tahap transisi demokrasi dengan melakukan  pembelajaran terhadap  setiap prinsip – prinsip demokrasi, melalui penguatan dan pematangan dasar dasar dalam kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap  pemantapan demokrasi. pada tahap pemantapan demokrasi, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ditandai dengan akuntabilitas pemerintah,  tegaknya  supremasi  hukum, kuatnya partisipasi  masyarakat dalam politik, kepatuhan  masyarakat terhadap hukum, serta terselenggaranya pemilu presiden dan wakil presiden yang aman dan demokratis.

Berdasarkan  undang undang dasar 1945, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat  Indonesia  dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Di samping itu, pemilu adalah sarana demokratis  untuk menyampaikan aspirasi   rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil pemilu merupakan  kehendak  rakyat  dan  dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat mengingat  arti penting dan strategisnya pemilu presiden dan wakil presiden bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan  pembangunan dalam mencapai  tujuan menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu presiden dan wakil presiden 2014.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara pemilu, masyarakat dan mitra keamanan lainnya,   agar pesta demokrasi pemilu presiden dan wakil presiden 2014 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. dengan demikian diharapkan, pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju indonesia yang makmur dan  sejahtera.

Pada  kesempatan apel ini, ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan, untuk dipedomani dan dilaksanakan :

1. Laksanakan sistem pengamanan kota sesuai dengan tugas pokok dan peran masing - masing sehingga pelaksanaan pengamanan kota bantul dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

2. Saya minta jajaran polri dan tni tidak menganggap ringan situasi, tidak underestimate. lebih baik siap menghadapi kemungkinan apapun yang bisa terjadi. bahwa dengan izin allah subhanahu wa taala ternyata situasinya baik, normal, dan terkendali, kita syukuri. tetapi kalau ada gangguan tiba-tiba, maka polri dibantu tni juga siap untuk merespons dan mengatasi masalah itu demi terjaganya situasi keamanan dalam negeri kita.

3. Saya berharap di jajaran kepolisian dan dibantu oleh tni untuk mencegah dan menindak semua pelanggaran hukum berkaitan dengan pilpres ini. misalnya aksi-aksi kekerasan yang bisa saja terjadi, aksi-aksi pengrusakan ataupun pembakaran yang kemungkinan juga bisa terjadi dari siapa pun yang dilakukan oleh pihak mana pun. kita harus adil, harus netral, tapi tidak memberikan toleransi terhadap perilaku seperti itu.

4.  Saya meminta polri dibantu tni untuk melakukan  koordinasi    sedekat  -  dekatnya dengan penyelenggara pemilu, jajaran kpu, jajaran panwas, jajaran pemerintah daerah, pers dan media massa yang juga setiap saat akan mewartakan dan menyiarkan tentang semua kegiatan pemilihan presiden tahun 2014 ini, dan juga dengan unsur-unsur terkait lainnya. koordinasi sangat penting agar apapun yang dilakukan oleh kita semua tidak merugikan masyarakat luas.

5. Situasi saat ini relatif aman, tenang, dan terjaga saat ini, mari kita jaga terus, jangan sampai berubah setiap saat oleh niat-niat yang tidak baik, oleh sebab-sebab yang akan mengganggu, yang akan merusak perjalanan demokrasi kita yang alhamdulillah selama ini berlangsung dengan baik.

Sebelum mengakhiri  amanat ini, marilah kita jadikan apel sistem pengamanan kota ini untuk menyatukan tekad dan komitmen, dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan pemilu 2014. Semoga segala tugas   pengabdian yang telah kita laksanakan, menjadi nilai ibadah di hadapan Tuhan  Yang  Maha Kuasa.

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger