KUNJUNGAN PRAMUKA KWARCAB KAB. BANTUL DI KEC. PAJANGAN

Kamis, 21 Agustus 20140 komentar



Rabu, 20 Agustus 2014 Jam 14.00 WIB, Camat Pajangan Dra. Sri kayatun bersama kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Danramil Pajangan Kapten Waluyo dan Kepala UPT PPD Pajangan Edy Susanto, S.Pd. MM menerima kunjungan Pramuka Kwarcab (Kwartir Cabang) Kab. Bantul yang dipimpin oleh Dr. Jumarudin Wakil Kwarcab Bina Muda. Kegiatan diikuti sejumlah 20 orang.

Camat Pajangan sebagai Kamabiran (Kepala Majelis Pembimbing Ranting) Pajangan menyambut baik kunjungan Pramuka Kwarcab Kab. Bantul. Seiring perkembangan Jaman, Kurikulum 2013 memasukkan Pramuka di dalam pembelajarannya. Kepramukaan merupakan hal yang positif di dalam mendidik generasi penerusbangsa Indonesia.

Kepala UPT PPD Pajangan Bpk. Edy Kakwaran ( Ketua Pimpinan Kwartir Ranting) menyampaikan, Pramuka sudah dimasukkan  ke dalam kurikulum 2013 dan sekarang ini pelatih, pembina, pengajar Pramuka mulai berkurang, Guru-guru muda mempunyai kendala dalam melatih dan membina Pramuka belum mempunyai SIM Pramuka dan pemutakhiran data serta papan-papan gugus akan dibenahi dan segera diselesaikan. Ia mengusulkan agar Pramuka Ranting Pajangan dan Kecamatan lainnya di Kab. Bantul untuk serentak mendapat pelatihan dari Kwarcab Kab. Bantul.

Pimpinan rombongan Kwarcab Kab. Bantul Dr. Jumarudin dalam sambutannya bahwa kedudukan Camat Pajangan adalah Kamabiran Kec. Pajangan, sedangkan kedudukan kapolsek dan Danramil adalah wakil atau anggota Mabiran dan untuk kepala UPT PPD menjabat sebagai Kakwaran ( Ketua Pimpinan Kwartir Ranting) Pajangan yang harus melalui Musran (Musyawarah Ranting). Pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib di sekolah-sekolah, Presiden dan Kemendikbud mengharuskan Pramuka sebagai ekstra kurikuler yang diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pramuka dan Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang implemantasi pelaksanaan Kurikulum 2013. Pramuka wajib diikuti siswa dari kelas SD hingga SMA karena saat ini generasi muda Indonesia rapuh dalam sikap dan teknologi, rendah kreatifitasnya dan kurang disiplin. Saat ini kurikulum 2013 menitik beratkan kepada kecerdasan dan untuk pendidikan budi pekerti, sopan santun dengan memasukkan Pramuka ke dalamnya. Harapan kita generasi muda Indonesia disamping cerdas harus mempunya sikap, sifat dan kepribadian indonesia. Hari Pramuka Tahun 2014.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menetapkan tema Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014. Penetapan tema tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 115 Tahun 2014 Tentang Tema Hari Pramuka Tahun 2014, tertanggal 11 Juli 2014. Dalam keputusan yang ditandatangani langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr. H. Adhyaksa Dault, SH, M.Si, tema Hari Pramuka Tahun 2014 adalah "Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi". Hari Pramuka sendiri merupakan diperingati setiap tahunnya oleh para pramuka se-Indonesia. Puncak perayaan Hari Pramuka adalah tanggal 14 Agustus. Tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka berdasarkan sejarah kepramukaan di Indonesia di mana pada tanggal 14 Agustus 1961 sebagai hari lahirnya Pramuka di Indonesia.

Hingga selesainya kunjungan Kwarcab Kab. Bantul ke Pajangan pada jam 15.30 WIB, situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger