DIRGAHAYU POLWAN

Selasa, 02 September 20140 komentar




Tanggal 1 September telah ditetapkan oleh Polri sebagai hari Polisi Wanita (Polwan). Peristiwa ini diabadikan dengan mengacu pada peristiwa pada tanggal 1 September 1948, ketika Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) berupaya untuk menghadapi Agresi Militer Belanda II dengan membentuk Sekolah Polisi Wanita di Bukit Tinggi Sumatera Barat.

Salah satu peran Polisi Wanita waktu itu adalah membantu petugas keamanan untuk mencegah penyusupan dengan melakukan pemeriksaan terhadap anak – anak dan wanita yang menjadi pengungsi sebagai akibat peperangan.

Keberadaan Polwan tidak pernah terlepas dalam sejarah perkembangan institusi Polri. Polwan telah menunjukkan kompetensi yang hampir sama dengan Polisi laki – laki, bahkan dapat menunjukkan kemampuan yang lebih.

Disemua fungsi kepolisian (Lalu Lintas, Reserse, Intelijen Keamanan, Sabhara, Binmas dan fungsi staf lainnya) telah ditempatkan Polisi Wanita. Polwan memiliki peluang yang sama dalam setiap penyelenggaraan tugas Polri, termasuk dalam pengamanan Pemilu baik Pilleg maupun Pilpres.

Sebagai salah satu komponen yang mendukung kinerja Polri, Polisi Wanita memainkan peran yang penting. Seiring dengan semangat emansipasi wanita dan kebutuhan akan kekurangan personel, institusi polri telah berupaya untuk menambah jumlah Polisi Wanita guna mengoptimalkan penyelenggaraan tugas di berbagai fungsi Kepolisian.

Dalam rangka menghadapi perkembangan gangguan keamanan, pada tahun 2014, Polri telah merekrut sebanyak 7000 (tujuh ribu) orang personel Polwan dan saat ini sedang dalam proses pembentukan dibeberapa lembaga pendidikan. Penambahan kuota ini tentu sebagai hasil evaluasi terhadap kinerja Polisi Wanita secara umum dalam pelaksanaan tugasnya. Para Polisi Wanita tersebut nantinya akan ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Penambahan jumlah personel Polwan ini diharapkan nanti dapat mempercepat pencapaian kinerja Polri diberbagai fungsi kepolisian dan mampu menjadi daya ungkit perubahan polri menjadi lebih baik.

Dirgahayu Polwan, semoga dihari jadinya yang ke 66 ini, Polwan dapat meningkatkan prestasinya dalam memberikan dharma bhakti bagi negara ini, khusunya untuk institusi polri.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger