EVALUASI DAN MONITORING GIAT PNPM MANDIRI PERDESAAN KEC. PAJANGAN TAHUN 2014

Kamis, 04 September 20140 komentar



PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perdesaan Kec. Pajangan mengadakan kunjungan untuk monitoring dan evaluasi secara langsung ke tempat-tempat pelaksanaan kegiatannya yang tersebar di 3 Desa di Kec. Pajangan diantaranya Desa Triwidadi, Desa Sendangsari dan Desa Guwosari, Rabu, 3 September 2014 jam 10.00 Wib.

Rombongan tim monitoring Mandiri Perdesaan dipimpin oleh Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kasi Ekbang (Ekonomi dan Pengembangan Kec. Pajangan) Budi Suryono, S.Sos, turut dalam rombongan tersebut Fasilitator Pemberdayaan PNPM Mandiri Kec.Pajangan Bpk.Agus Purwoko, S.Si, Fasilitator Teknik Ibu Erna Rahmawati, ST dan Novi Listiandari, ST, Badan Koordinasi Antar desa (BKAD) Drs. Sukamtri, Badan Pengawas Unit Pengelola Kegiatan (BPUPK) Bpk. Sugiman dkk, Tim Verifikasi Bpk. Bpk. Mursis Dkk, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Bpk. Muh. Mufassir dkk, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) 3 Desa, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Pendampin Lokal (PL) 3 Desa, rombongan sejumlah ± 40 orang. Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH dan Bamin Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi mengawal dan ikut dalam rombongan.

Rombongan tim evaluasi dan monitoring PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Pajangan mengecek kegiatan di 3 Perdesan dengan sasaran kelompok prasarana umum meliputi rabat beton, talut dan saluran drainase. Untuk kelompok prasaran pendidikan meliputi rehab gedung Taman Kanak-Kanak (TK) dan Gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Untuk kelompok prasarana pendidikan non prasaranan meliputi pelatihan boga, pelatihan hantaran dan janur, pelatihan bordir dan pelatihan tingkat dasar kader PAUD. Dan untuk kelompok prasarana kesehatan non prasarana meliputi PMT Gizi kurang, penyuluhan reproduksi dan pelatihan masak kader Posyandu dan Peralatan Posyandu.

Sesuai dengan hasil keputusan Musyawarah Antar Desa (MAD) khusus Kec. Pajangan Kab Bantul Propinsi DIY hari Rabu tanggal 16 Juli 2014, yang mengacu pada Surat Kementrian Dalam Negeri RI Nomor. 900/5383/PMD tanggal 11 Juli 2014 tentang Pemotongan DUB PNPM Mandiri Pedesaan, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun menetapkan bantuan PNPM Mandiri Perdesaan di Kec. Pajangan dengan surat penetapan Nomor 900/25A tanggal 16 Juli 2014, sebanyak 35 kegiatan  dari yang diajukan sebanyak 42 kegiatan dengan demikian ada 7 kegiatan yang dibatalkan. Sumber Dana Kegiatan berasal dari APBN (Anggaran Pendapatn Belanja Negara) yang semula dialokasikan sebesar ± Rp. 3 Miliyar dan dikarenakan ada devisit anggaran negara kemudian dilakukan penghematan dana berubah menjadi ± Rp. 2,7 Miliyar.

Menurut Fasilitator Pemberdayaan PNPM Mandiri Kec.Pajangan Bpk.Agus Purwoko, S.Si, tujuan dari evaluasi dan monitoring kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di 3 Desa Ke. Pajangan untuk melihat dan mengevaluasi perkembangan kegiatan di masing-masing Desa di kec. Pajangan, temen-temen dari 3 Desa dapat membandingkan dan proses pembelajaran sehingga ada kolaborasi kegiatan yang sudah mereka lakukan. Ia menambahkan bahwa pengerjaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kec. Pajangan baru setengah perjalanan, monitoring ini menurutnya baru monitoring awal dan akan dilakukan monitoring berikutnya hingga seluruh pengerjaan kegiatan selesai. Dana yang tersalur kepada masyarakat baru sekitar ± 50,65 % per 31 Agustus 2014 dan dana yang sudah terserap ± Rp 1,4 miliyar.

Masyarakat sangat antusias dan senang dengan adanya program dari PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Pajangan, terbukti dengan kegotong royongan mayarakat menyelesaikan berbagai kegiatan. Kepala Dukuh Watugeduk Guwosari Bpk. Mistijan menuturkan masyarakatnya senang dengan jalan kampung yang sudah bagus cor blok ganda  mereka dapat menikmatinya, dan mengenai pelatihan yang sudah dilaksanakan mereka mampu memberi mereka wawasan pengetahun sehingga diharapkan pengurangan rumah tangga miskin (RTM) dapat berkurang.

Kegiatan evaluasi dan monitoring lapangan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kec. Pajangan berakhir pada jam 13.30 WIB dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger