KAPOLSEK SRANDAKAN MENGHADIRI ACARA PEMBUKAAN KOMPETISI KINCIR ANGIN INDONESIA DI PANTAI BARU

Rabu, 17 September 20140 komentar



Kapolsek Srandakan Kompol Suhardi menghadiri acara pembukaan Kompetisi Kincir Angin Indonesia ( KKAI) tahun 2014 bertempat dipantai Baru Dusun Ngentak Poncosari Srandakan, telah dilaksanakan .Selasa, 16 September 2014 pukul 09.00 Wib.

Kompetisi ini mengambil tema “ Rekayasa dan Inovasi Teknologi Terbarukan Untuk Kemakmuran  Rakyat “ yang diselenggarakan oleh Universitas Sanata Dharma bekerjasama dengan Kemendikbud dan Pemkab Bantul mulai tanggal 15 – 19 September 2014 dan diperuntukan pada mahasiswa D3, S1, atau S2 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut adalah Dir peneliti dan pengabdian Dirjen pendidikan tinggi Kemendikbud RI Dra. Viktoriana Suhartini, Wakil Bupati Bantul Drs. Sumarno Prs beserta jajaran pejabat Pemda Bantul, Rektor Universitas sabata Darma Drs. Johanes Eka Priyatma, Msc Ph. D, Ketua Panitia KKAI 2014 Petrus Setiyo Prabowo, ST, MT, Muspika Kecamatan Srandakan para tamu undangan dan Peserta KKAI yang berjumlah 30 kelompok.

Acara diawali dengan tarian selamat datang yaitu tari merak genong dan dilanjutkan dengan acara sambutan sambutan.

Ketua Umum Dr. Ir. Iswanjono, M.T. dalam sambutanya menjelaskan Pekan Rekayasa dan Inovasi Teknomologi Universitas Sanata Dharma (USD) tahun 2014 ini merupakan salah satu aktivitas yang dirancang Fakultas Sains dan Teknologi USD untuk mengemas dua aktivitas pokok, yaitu Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) dan Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RiTekTra).

Tujuan dari lomba adalah meningkatkan minat, kemampuan dan kreatifitasa siswa disegala tingkatan dalam rekayasa dan inovasi teknologi d Indonesia, mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional dan member sumbangan kepada masyarakat.

Jumlah peserta yang mengajukan proposal sebanyak 79 tim dari 46 Perguruan Tinggi (PT) se Indonesia. Dari jumlah tersebut pada seleksi I lolos 39 proposal dan seleksi II lolos 30 proposal dan berhak mengikuti lomba. Beberapa PT luar Jawa yang ikit partisipasi diantaranya Universitas Sumbawa, Mataram. Batam dan Makasar.

Lomba tahun ini desainnya lebih bervariasi dibanding tahun lalu dan juga ada fase final. Sehingga kemampuan mahasiswa benar-benar teruji karena akan ada 10 finalis yang harus ikut.

Sambutan Wakil Bupati Bantul menyampaikan Energy komponen yang sangat penting dan kebutuhannya selalu meningkat sejalan dengan bertambahnya penduduk. Namun keberadaan sumber energy yang disediakan alam lama kelamaan akan habis, maka pengembangan ilmu dan pengetahuan, rekayasa dan teknologi terapan perlu didorong.

Lebih lanjut dikatakan ada beberapa Negara yang kaya sumber daya energy, namun karena kemampuan Sumber Daya Manusia kurang mendukung akhirnya perekonomian tersedot untuk penyediaan energy yang dibutuhkan.

Dasar Negara Indonesia dengan jelas mengatakan bumi, air dan isinya dikuasai dan dikelola Negara untuk kemampuan rakyatnya, maka pemerintah berkawajiban mengupayakan semua sumber alam yang ada dikelola untuk kemakmuran rakyat.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan Pembukaan KKAI 2014 secara simbolis pada pukul 10.30 Wib dengan melepas balon keudara dilanjutkan dengan para tamu undangan melihat langsung lokasi lomba.

Selama kegiatan ini Kapolsek Srandakan akan menerjunkan personilnya untuk melakukan pengamanan hingga selesai giat perlombaan KKAI 2014. (Sihumas Srandakan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger