MONITORING DAN EVALUASI 10 PROGRAM POKOK PKK DESA SENDANGSARI DARI PKK KAB BANTUL

Rabu, 24 September 20140 komentar



Kapolsek Pajangan AKP Riwanta menghadiri acara monitoring dan evaluasi 10 Program Pokok PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Sendangsari oleh PKK  Kab. Bantul dalam rangka mengikuti lomba PKK se Kab. Bantul bertempat di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Senin 22 September 2014 jam 13.00 WIB.

Kunjungan rombongan tim Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK dari PKK Kab. Bantul dipimpin langsung Ibu Hj. Sumarno (Istri Wakil Bupati Bantul) Ketua Penggerak PKK Kab. Bantul. Camat Pajangan Dra Sri Kayatun, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Ketua TP PKK Kec. Pajangan Heni Purweni, S.Pd, Lurah Desa Sendangsari Muh. Irwan Susanto bersama Istri Ibu Suprihatin, S. E. (Ketua TP (Tim Penggerak) PKK Desa Sendangsari), Ketua TP PKK Desa Guwosari Ibu Umi Suharto, Ketua TP PKK Desa Triwidadi Ibu Zeni Pujiastuti, S.P, para kepala Dukuh se Desa Sendangsari dan Ibu-ibu PKK se Kecamatan Pajangan serta KKN Mahasiswa Stipram Togyakarta, peserta sejumlah ± 80 orang.

Camat Pajangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan 10 Program Pokok PKK kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan dapat mengentaskan kemiskinan di wilayah Kec. Pajangan. PKK mempunyai andil yang besar untuk hal tersebut. Ibu-ibu PKK harus kreatif dalam meningkatkan kualitas hidup dan rumah tangganya. Ia berharap pembinaan dan masukan dari PKK Kab. Bantul untuk perkembangan PKK di Kec. Pajangan.

Laporan Ketua Penggerak PKK Desa Sendangsari Ibu. Suprihatin, S.E. menyampaikan, visi dan misi Kab. Bantul Projotamansari Sejahtera, Demokratis dan Agamis berkaitan erat dengan 10 Program Pokok PKK untuk pembangunan Kab. Bantul. PKK Desa Sendangsari secara rutin melaksanaannya pertemuan sebulan sekali sebagai anjangsana, sarana koordinasi dan evaluasi kegiatan PKK. Sampel yang nanti akan dikunjungi adalah PKK Pedukuhan Krebet Sendangsari Pajangan. Ia berharap dengan kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan motifasi PKK Desa Sendangsari untuk lebih maju.

Ketua PKK kab. Bantul Ibu Hj. Sumarno dalam kesempatan tersebut memperkenalkan rombongannya dan menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi PKK se Kab. Bantul yang dimulai pada tanggal 22 September 2014 ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi PKK se Kab. Bantul beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan kader penggerak PKK Kab. Bantul yang akan mengikuti lomba hari kesatuan gerak PKK tahun 2014 tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini untuk melihat langsung dari dekat sejauh mana kegiatan ibu-ibu PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, dimana program tersebut sudah disosialisasikan menindaklanjuti  hasil Munas (Musyawarah Nasinal) VII tahun 2010 PKK tingkat Nasional.

Kemudian rombongan memonitoring langsung 10 program pokok PKK  Desa Sendangsari, rombongan mengecek administrasi PKK se Kec. Pajangan dan dilanjutkan meninjau kegiatan PKK di Dk. Krebet yang menjadi sampel/contoh PKK Desa Sendangsari. Pertama tim  meninjau kegiatan Paud (Pendidikan anak usia dini) Tunas Melati, Posyandu Ngudi Saras, meninjau rumah sehat, meninjau budi daya ikan lele.

Kegiatan kemudian acara dilanjutkan di Dk. Krebet Sendangsari Pajangan untuk penyampaian kesan dan pesan. Acara tersebut dihadiri Bpk. Sapta Sarosa, S. Psi anggota DPRD Kab. Bantul. Mengawalai kegiatan dimulai dengan senam sehat dan paduan suara ibu-ibu PKK Dk Krebet. Kepala Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi dalam sambutannya menyampaikan gambaran pedukuhan yang dipimpinnya.

Tim Monitoring PKK Kab. Bantul dalam kesan dan pesannya menyampaikan agar Kelurahan dan Dusun Krebet untuk membina PKK terutama bidang administrasi, setiap kegiatan harus ada administrasinya. Tim melihat pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman sayur mayur dan hasilnya dimanfaatkan sendiri dan sebagian dapat dijual, hal itu merupakan harapan tim PKK Kab. Bantul. 10 Program Pokok PKK itu untuk meningkatkan  pendapatan keluarga dan mengurangi pengeluaran bagi keluarga itu sendiri, tim berharap agar seluruh kegiatan ditingkatkan. Pesan-pesan lainnya akan disampaikan kepada ketua Penggerak PKK Desa Sendangsari untuk disampaikan ke PKK tingkat pedukuhan. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger