PENINGKATAN PENGAWASAN INTERNAL POLRI

Senin, 08 September 20140 komentar




Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kinerja institusi Polri, peningkatan pengawasan internal merupakan salah satu program prioritas Kapolri. Program ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan, mengingat segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri sekecil apapun akan mempengaruhi kinerja dan citra Polri.

Polri menyadari bahwa kelemahan dalam melakukan pengawasan sangat memberikan dampak yang negatif dan kontra produktif bagi institusi polri. Lebih dari 400.000 personel Polri yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, termasuk yang sedang menjalankan penugasan di luar negeri, harus diawasi setiap saat. Di tahun 2014 ini, berbagai upaya penindakan telah dilakukan oleh Polri terhadap personel yang melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin maupun terhadap kode etik.

Bentuk – bentuk pelanggaran tersebut antara lain penyimpangan prosedur penyidikan, pungutan liar, meninggalkan tugas tanpa ijin, terlibat dalam jaringan narkoba, melakukan tindak pidana umum dan sebagainya. Semua bentuk penyimpangan tersebut tentu telah menodai kepercayaan masyarakat yang telah diberikan kepada Polri melalui negara.

Berbagai faktor yang melatarbelakangi pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum anggota Polri akan dijadikan sebagai salah satu acuan untuk memperbaiki metode pengawasan yang efektif. Anggota Polri sebagai bagian dari masyarakat dan juga produk dari masyarakat, tidak dapat terpisahkan dengan semua dinamika yang terjadi di masyarakat.

Kami menghimbau kepada masyarakat jika mengetahui ada Oknum anggota Polri atau PNS Polri yang melakukan tindakan menyimpang, agar mencatat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut dan melaporkan ke Bid Propam Polda setempat atau menghubungi Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) / pengaduan di Website Div Propam Polri (www.propam.polri.go.id) / twitter Div Propam Polri (@propampolri) atau Facebook Div Propam Polri(propam.polri)

Masukan, saran dan kritik dari masyarakat juga akan menjadi bagian penting dalam rangka peningkatan pengawasan terhadap kinerja anggota Polri.


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger