PENIPUAN BERKEDOK LELANG MOBIL

Senin, 08 September 20141komentar




" Mas, ini ada Mobil lelangan di Bea Cukai, Mobil Kijang Inova(captain seat, Thn 2013, kondisi 90 %, warna silver/190 jt per unit, ada Mobil Honda New CRV warna Silver, /unit 130 jt, kondisi 90%, kalo minat kbri ya, biar sy selesaikan semua administrasi disini..".

Kalimat diatas ini adalah potongan Short Message Service (SMS) beberapa hari yang lalu dari pelaku penipuan yang ditujukan kepada seseorang berinisial H yang hampir saja menjadi korban penipuan berkedok lelang Mobil.

Pelaku juga mengaku sebagai anggota Kepolisian di salah satu instantsi di Jakarta. Keberuntungan masih berpihak pada H yang tidak begitu saja percaya dengan isi SMS tersebut. Ia segera melakukan cross check pada rekannya yang juga anggota Kepolisian di Jakarta, ternyata hal tersebut tidak benar.

H menjelaskan, pelaku meminta agar pembayaran melalui transfer, 30 persen dari harga yang di SMS kan, misalnya, mobil Avanza 2011 harganya cuma Rp 70 juta, Toyota Rush 2012 harga Rp 90 juta.

Beberapa korban sebelumnya akibat SMS serupa, seolah-olah terhipnotis dengan SMS tersebut, sehingga harus mengirimkan atau mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku tanpa melakukan cross check.

Polri telah melakukan penangkapan terhadap beberapa pelaku yang melakukan penipuan dengan menggunakan modus SMS ini. Namun sampai saat ini, hampir di semua Kesatuan kewilayahan (Polda, Polres dan Polsek) masih menerima Laporan berkaitan dengan kasus tersebut, walaupun tidak semua pelapor telah mengalami kerugian.

Polri menyadari bahwa modus kejahatan ini adalah salah satu bentuk penyalahgunaan kemajuan teknologi, dan Polri akan terus bekerja melakukan penanggulangan, bersinergi dengan instantsi terkait untuk mempersempit ruang gerak kejahatan melalui fasilitas SMS.

Semoga upaya pencegahan terhadap kejahatan penipuan ini dapat diawali dari diri kita sendiri untuk selalu waspada , cermat dan teliti terhadap semua informasi yang diterima, khususnya melalui SMS.



Share this article :

+ komentar + 1 komentar

16 Januari 2016 pukul 23.41

Bagi yang lain harap berhati 2 karena penipuan sejenis lelang mulai merajalela saya dari banjarmasin sudah kena tipu wlpn cuman pulsa 50 rbu dan untung aja saya tidak jdi transfr uang buat dp lelang jdi si penipu cuman minta blikan pulsa untuk meurusi administrasi mbilnya..sekali nya no penipu dari jawa tengah atas nama hendrA no hp 08121361287 no rekening bni : atas nama ibu hazizah no rek.0419665462 tolong di sebarkan biar agan agan waspada trim dr. Kalsel banjarmasun

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger