KAPOLSEK BANGUNTAPAN HADIRI GIAT FESTIVAL KIRAB BUDAYA KOTAGEDE 2014

Rabu, 15 Oktober 20140 komentar





Kapolsek Banguntapan Kompol Sudarsono bersama jajaran Muspika Banguntapan hadiri puncak giat festival kirab budaya  Kotagede 2014, Minggu, 12 Oktober 2014 di Lapangan Parkir Singosaren, Banguntapan, Bantul, Yogyakata.

Kegiatan Festival Budaya Kotagede 2014 dimulai dengan Fashion On The Street di jalan Kemasan pada sore hari, dilanjutkan dengan Kirab Budaya start dari Lapangan Karang mengelilingi Kawasan Budaya Kotagede dan berakhir di lapangan parkir Singosaren.

Festival Kotagede 2014 berlangsung Jum’at hingga Minggu (10-12 Oktober) tersebar di enam Kelurahan dengan puncak acara berupa Kirab Budaya dalam tema “Arak-Arakan Alegoris Lintasan Sejarah Puncak-Puncak Capaian Mataram”.

Festival sebagai wujud kerjasama antara Forum Joglo dan OKPK Sekawasan Kotagede dengan dukungan Dinas Pariwisata dan Dinas kebudayaan DIY serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul.

Ketua Umum Eddy Prasetyo menjelaskan bhawa Festival Budaya Kotagede sebagai agenda tahunan bertujuan untuk melestarikan pusaka budaya Kotagede sebagai sumber daya untuk mengembangkan karakter bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ragam kegiatan antara lain, workshop bertema budaya, berbagai lomba semisal, lomba fotografi, lomba Rumah Pusaka dan Lomba Kuliner.

Festival Kotagede diawali dengan Dialog Budaya bertemakan “Konservasi Kotagede, Antara Pandangan Barat dan Timur, berlangsung pada hari Jum’at (10 Oktober) mulai pukul 19.00 WIB di Pendapa Kecamatan Kotagede.

Selama tiga hari festival terdapat lima panggung kesenian yang menampilkan potensi khas masing-masing kelurahan yaitu, di Kelurahan Jagalan, Singosaren, Rejowinangun, Prenggan dan di kelurahan Purbayan. Agenda hari Sabtu (11 Oktober) mulai pukul 06.00 WIB berlangsung Jelajah Pusaka Kotagede dengan titik kumpul di HS Silver.


Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhoningrat berharap, festival budaya ini bisa dihidupkan kembali secara kontinu setiap tahun. Sehingga menjadi aset pariwisata dan budaya Yogyakarta untuk menarik kunjungan wisata.

Sedangkan pengamat budaya dari Kurume Institute of Technology Jepang, Omori Yoko menyampaikan kegiatan ini sangat mendukung pelestarian cagar budaya yang ada di sekitar Kotagede. ”Adanya acara seperti ini menandakan bahwa masyarakat yang ada di sekitar Kotagede memiliki budaya tinggi, yang ke depan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata,” katanya. (Sihumas Banguntapan)



Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger