PERSONIL POLSEK IMOGIRI MENGAWAL PARA PEMBATIK DESA WUKIRSARI KE ALUN ALUN UTARA

Rabu, 15 Oktober 20140 komentar



Tiga belas hari yang lalu tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2014, Personil Polsek Imogiri melaksanakan pengawalan para pembatik Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul dari kantor kecamatan Imogiri menuju ke Alun alun utara Keraton Yogyakarta dengan menggunakan bus untuk mengikuti membatik massal dalam rangka peringati hari Batik Nasional 2014 dan memecahkan record muri membatik massal pada kain sepanjang 3005 meter dan lebar 40 cm tanpa putus.

Acara membatik massal diikuti oleh 3000 pembatik yang terdiri dari pembatik profesional, pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta.

Dengan menggunakan canting dan peralatan membatik lainnya para pembatik serempak membatik kain dengan pola atau corak flora dan fauna. Corak-corak tersebut disusun oleh sejumlah pakar batik di Yogyakarta. Corak flora dan fauna adalah salah satu corak khas batik Yogyakarta.

Dengan tekun dan teliti 3000 pembatik menyelesaikan beragam corak batik tersebut meski harus terpanggang selama 1 jam bawah teriknya sinar matahari. Sesekali para pembatik mengelap peluh dan keringat setiap usai menyelesaikan satu bagian.

Canda dan tawa khas warga Yogya juga sesekali mewarnai aktivitas membatik mereka. Debu dan pasir Alun-alun Utara yang berterbangan pun tak menyurutkan aksi membatik hingga jelang pukul 09.30 WIB corak batik sepanjang 3005 meter selesai dikerjakan dengan sangat indah.

Menurut perwakilan MURI yang datang langsung menyerahkan piagam rekor, panjang kain batik yang dihasilkan dari kegiatan ini melebihi rencana awal yang hanya sepanjang 3000 meter. Selanjutnya batik sepanjang 3005 meter ini akan dibuat Kimono untuk semakin mengangkat citra batik Indonesia khususnya Yogyakarta sebagai produk universal. Batik tersebut juga diwarnai dengan pewarna alami yang selama ini telah banyak digunakan di Yogyakarta.

Selain bertujuan untuk mengapresiasi batik dan industri kecil menengah terutama para pengrajin batik, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggelorakan batik agar semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. Selain itu kegiatan membatik massal oleh 3000 pembatik dengan hasil 3005 meter ini diharapkan dapat terus mengangkat nama Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia. (Sihumas Imogiri)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger