PAGELARAN WAYANG KULIT PUNCAK GELAR POTENSI BUDAYA DESA GUWOSARI TAHUN 2014

Rabu, 15 Oktober 20140 komentar



Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Aipda Kawit melaksanakan giat pengamanan Pagelaran Wayang Kulit sebagai puncak acara Gelar Potensi Budaya Desa Guwosari, Pajangan, Bantul, bertempat di Balai Desa Guwosari Minggu, 12 Oktober 2014 jam 21.00 Wib.

Acara pagelaran Wayang Kulit mengambil lakon “Aji Norontoko” dengan Dalang Ki Isman Hadi N ugroho dari Bungsing Guwosari Pajangan dan dihadiri oleh anggota DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S.Psi, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Kepala KUA Pajangan Asrori, SH, Kanit Sabhara Polsek Pajangan Ipda Munadi dan Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan H. Juremi S. Sos (Kepala BPD Desa Guwosari), para Kepala Dukuh, Ketua RT, Toga/Tomas dan ratusan warga Masyarakat.

Ki Dalang Isman Hadi Nugroho pada pagelaran Wayang Kulit tersebut menceritakan sejarah Balai Desa Guwosari yang mengalami tiga kali perpindahan, pertama kali di Dk. Kadisono, kedua di Dk. Iroyudan tepatnya dekat jembatan Sindon dan yang terakhir di Iroyudan yang berdekatan dengan Rutan Kelas II B Bantul. diharapkan dengan dilestarikannya kesenian dan kebudayaan Jawa ini Desa Guwosari makin terkenal dan dapa maju.

Menurut Kabag Pelayanan Desa Guwosari Sdr. Yudi bahwa acara Gelar Potensi Budaya Desa Guwosari tahun 2014 ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan, kegiatan ini menggunakan Dana Keistimewaan Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kab. Bantul.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan leluhur yang ada di Desa Guwosari dan untuk mengenalkan berbagai potensi budaya yang dimiliki oleh Desa Guwosari serta untuk mengenalkan wisata kuliner ingkung jawa dan kuwali yang berkembang di Desa Guwosari.

Pelaksanaan pagelaran wayang kulit hinggsa selesai pada jam 03.00 Wib berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger