UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI LAPANGAN PASEBAN

Rabu, 01 Oktober 20140 komentar




Kapolres Bantul AKBP Surawan SIK menghadiri upacara dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Paseban Bantul, Rabu tanggal 1 Oktober 2014 mulai jam 07.30 wib.

Sebagai inspektur upacara adalah Komandan Kodim 0729 Bantul dan dihadiri oleh Forkompinda Bantul, Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno, PRS, SKPD, Camat se-Bantul, jajaran Kapolsek se-Polres Bantul, kepala BUMN, BUMD, veteran. Bertindak sebagai Inspektur upacara yaitu Komandan Kodim 0729 Bantul Letkol Kav. Tumadi, S.Sos dengan Komandan upacara Kapten ARM Mujiyono.

Peserta upacara terdiri dari pleton karyawan SKPD, BUMN, BUMN, 4 pleton TNI, POLRI, Linmas, TAGANA, 3 pleton pelajar SD, pelajar SMP/MTs/SMK.SMA masing-masing 5 pleton. Kegiatan tersebut mengambil tema “Pelaksanaan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Penguatan Demokrasi”.

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0729 Bantul mengatakan paham radikalisme dan paham lain yang sejenis sangat bertentangan dengan Pancasila yang menghormati dan menghargai kebinekaan.

Oleh karena itu, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai paham radikalisme dan sejenisnya.  Salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antarbangsa bahkan antarkomunitas atau kelompok masyarakat yang lebih kecil.

Di antara nilai atau paham yang melintas batas itu adalah radikalisme. Karakter paham tersebut selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

Sehingga radikalisme dan paham lain sejenisnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila,” katanya.

Karena itu, kondisi saat ini harus disyukuri dan Pancasila terus diperkuat, “yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis, dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Pada sisi lain, Menteri juga mengajak semua kalangan untuk membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman.

Sehingga Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. Untuk itu, kita harus terus-menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, terutama generasi penerus bangsa Indonesia. 

Selesai upacara dilanjutkan dengan penyerahan trophi lomba MTQ tingkat Pelajar tahun 2014 kepada juara umum yang diraih oleh UPT/PPD Kecamatan Bantul, dan dalam kesempatan tersebut trophi diserahkan oleh Wabup didampingi Ketua DPRD Bantul.

Dalam upacara tersebut jajaran anggota Polsek bantul melaksanakan pengamanan hingga upacara berakhir pukul 08.30 wib berjalan aman dan tertib. (Sihumas Bantul)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger