KIRAB BUDAYA DAN MERTI DUSUN KELORAN KASIHAN

Sabtu, 22 November 20140 komentar



Jumat, 21 November 2014 pukul 15.00 Wib di dusun Keloran, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan Kirab Budaya dengan mengangkat Tema “ Tata Titi Tentrem Gemah Ripah Loh Jinawi Karo Manembah Marang Gusti Lan Ngadhang Berkah Saha Rahmatipun”. Selain mengadakan kirab budaya, kegiatan ini juga dibarengi dengan Merti Dusun, yaitu upacara tradisonal untuk bersih dusun.

Kegiatan Kirab Budaya ini dihadiri oleh Camat Kasihan Bapak Drs Soekendro, Kapolsek Kasihan Kompol Fajar Pamuji, SH, Lurah desa Tirtonirmolo Bapak H Marwan MS, seluruh warga Keloran yang mengikuti Kirab ini dengan Ketua Panitia Kirab Budaya ini bapak Sukirman.

Kirab budaya dan Merti dusun ini diadakan sebagai wujud rasa syukur dan untuk melestarikan kebudayaan Jawa yang masih terjaga sampai sekarang.

Kegiatan ini cukup mendapat perhatian dari warga dusun, hampir seluruh warga dusun ikut berpartisipasi dalam acara ini. Acara ini merupakan tradisi budaya jawa, warisan leluhur yang harus dilestarikan tanpa meninggalkan keimanan terhadap agama masing-masing. Maka dari itu kita sebagai penerus wajib menjaga kebudayaan jawa, agar keturunan kita bisa tetap mengenal kebudayaan tersebut.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung maka Kapolsek Kasihan menerjunkan anggotanya untuk melaksanakan pengamanan diantaranya mengamankan jalan rute iring iringan Kirab Budaya dengan urut urutan sebagai berikut  : Manggolo Yudho, Kereta, Gunungan, Bregodo Wira Pertiwi, Pengapit pengurus RT, kelompok sholawatan suryo birowo Putro, Komunitas Bening, becak hias, Jathilan warga Putro Kencono dan lain lainya. (Sihumas kasihan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger