PENGAJIAN BERSAMA KH HASYIM MUZADI DI PONPES AL IMDAD PAJANGAN

Sabtu, 22 November 20140 komentar



Bertempat di Pondok Pesantren Al Imdad dusun Kedung Guwosari Pajangan Bantul telah digelar pengajian bersama KH. Hasyim Muzadi, Rabu 19 November 2014 jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut KH. Hasyim Muzadi, Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati, KH. Dr. Drs. Abdul Syakur, M. Ag (Pimpinan dan Pengasuh Ponpes Al Imdad), KH. Najib Abdul Qodir, KH. Hafit Abdul Qodir, KH. Kholik Syifa (Ketua MUI Kab. Bantul), KH. Abdul Qodir Munawir, KH. Ahmad Murod, KH. Murtadho, KH. Dr. Athobari, Hj. Aisyah Human Bajuri, Pengurus Nahdlothul Ulama (NU) Pajangan, Bantul dan DIY, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sekcam Pajangan Bambang yuliono, SE, Danramil Pajangan Kapten Waluyo, Kepala KUA Pajangan Asrori, SH, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dan Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, ST, orang tua/wali santri Khotmil Qur’an, tamu undangan dan jamaah ± 10.000 orang.

Acara diawali dengan Khotmil Quran Ponpes Al Imdad santri laki-laki berjumlah 55 orang dan santri perempuan berjumlah 98 orang. Doa Khotmil Qur’an dipimpin oleh Hj. Aisyiah Human Bajuri. Pemberian Ijazah untuk santri laki-laki oleh KH. Ahmad Murod dan untuk santri perempuan olah Hj. Aisyiah Human Bajuri dan Nyai Kuni Khumairo’.

Menginjak acara Inti dimulai dngan membacakan ayat Suci AL Qur’an dan dilanjutkan dengan membaca Tahlil dan Doa yang dipimpin oleh KH. Najib Abdul Qodir.

KH. Dr. Drs. Abdul Syakur, M. Ag pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Imdad dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pengajian KH. Hasyim Muzadi di Pondok pesantrennya dilaksanakan dalam rangka tasyakuran Khotmil Qur’an santrinya yang berjumlah 153 orang (laki-laki 55 dan perempuan 98) dan peringatan Haul ke 19 alm. Almagfulah KH. Human Bajuri pendiri pondok Pesantren Al Imdad.

Dalam pengajian ini diharapkan Doa untuk para Santri yang Khotmil Qur’an agar menjadi anak yang sholeh dan sholeha serta bermanfaat bagi agama, bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dan mohon doa untuk Alm. Almagfulah KH. Human Bajuri mendapat tempat yang layak dan kesempurnaan disisi Alloh SWT.

Perkembangan Pesantren Al Imdad sejak tahun 1996 mengalami kemajuan santri di Ponpes Al Imdad dari jumlah 10 orang dan saat ini mencapai jumlah 300 orang sehingga Al Imdad mengembangkan Pondoknya ke dusun Kedung Guwosari Pajangan Bantul.

Al Imdad menyiapkan generasi yang bermanfaat sebagai penerus perjuangan Bangsa Indonesia. Banyak prestasi dari Santri Al Imdad yang mendapatkan juara baik perlombaan ditingkat Kab. Bantul hingga Nasional meskipun keadaan Pondok Pesantrennya sederhana. Al Imdad juga tidak pernah menolak santri dari kalangan kurang mampu.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang Kepada KH. Hasyim Muzadi di Kab. Bantul. Beliau memberi apresiasi kepada pimpinan ponpes Al Imdad dalam memajukan Pondoknya dan menyiapkan generasi penerus yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan negara Indonesia. Mari pada kesempatan ini kita semua mendoakan alm. Almagfulah KH. Human Bajuri pendiri Ponpes. Al Imdad, ajaknya.

KH. Hasyim  Muzadi dalam tausiahnya mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk mendoakan alm. Almagfulah KH. Human Bajuri dan mendoakan kepada para santri Khotmil Qur’an agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara Indonesia. Apa yang kita terima aalah apa yang kita perbuat. Umat Islam harus belajar untuk mencari Ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan.

Setelah memiliki Imu umat Islam harus memanfaatkan Ilmunya di jalan Allah SWT sehingga dapat bermanfaat dan menjadi pelita dan pencerah untuk masyarakat Indonesia. Orang yang mempunyai ilmu harus menghindari scientific crime (kejahatan ilmu pengetahuan), untuk itu manusia dalam mencari ilmu harus didasari dengan Iman dan akhlak yang baik.

Orang yang mengamalkan ilmunya dijalan Allah SWT nantinya akan dibukakan tambahan ilmu oleh Allah SWT.Ia juga menyampaikan sejarah masuknya Islam di Indonesia melalui syiar Wali Songo. Orang-orang Hindu Budha saat itu masuk Islam tanpa perang, para Ulama membawa agama Islam sebagai agama yang Rohmantan lilngalamin.

Menurutnya dunia Islam saat ini merupakan dunia Islam yang tersuram diseluruh dunia, sesama Islam saling berperang dan mengakibatkan korban jiwa yang banyak seperti di Suriah 200 ribu lebih umat Islam meninggal untuk itu kita harus memahami cara memahami Islam, cara memperjuangkan Islam dan cara menyampaikan Islam kepada umat.

Perkembangan Islam di Indonesia sangat berbeda dengan perkembangan Islam di negara Palestina. Mazab Imam Syafi’i di Indonesia berkembang sangat pesat, hukum kecil apabila harus berubah karena kondisi maka akan disesuaikan, apa yang tidak ada di Alqur’an dan Al Sunnah dikembalikan kepada kita para ulama, oleh karena itu bisa disesuaikan dengan seni budaya dan kondisi masyarakat dan yang terpenting tidak berlawanan dengan Syariat Islam, sehingga perkembangannya di Indonesia sangat cepat dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Ia mengajak mengenang perjuangan para ulama dalam mengembangkan Islam di Indonesia dan melanjutkannya perjuangannya bahwa sesuatu yang memang baik harus diteruskan. Zaman yang sudah berubah untuk itu Ia mengajak mengisinya dengan tehnik-tehnik modern sesuai dengan Islam.

Terakhir ia mendoakan agar apa yang telah disampaikannya dapat memberi manfaat dan dilakukan oleh seluruh jemaah yang hadir, para penerus Ponpes Al Imdad diberi Istikomah, para santri menjadi santri yang sholeh, sholeha dan muslih dan diberi ilmu yang bermanfaat untuk mengadapi hidup di dunia dan di akhirat.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya acara maka Kapolsek Pajangan AKP Riwanto langsung memimpin pelaksanaan pengamanan oleh anggotanya. Dalam pengamnan ini Polsek Pajangan dibantu oleh Banser dari kab. Bantul, Kec. Pajangan, Kec. Pandak, kec. Kasihan dan Kec. Sedayu. Pengajian berakhir dalam keadaan aman dan tertib pada pukul 24.00 Wib. (Sihumas Pajangan)


Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger