NGAJI BARENG CAK NUN DALAM RANGKA PENUTUPAN LUSTRUM KE 6 SMA NEGERI 1 JETIS

Jumat, 28 November 20140 komentar



Dalam rangka penutupan Lustrum SMA Negeri 1 Jetis ke 6, SMA Negeri 1 Jetis menyelenggarakan kegiatan Ngaji Bareng Cak Nun dan Pagelaran Kyai kanjeng ke 3607, Kamis tanggal 27 Nopember 2014 mulai pukul 21.00 Wib. Kegiatan yang digelar di halaman SMA Negeri 1 Jetis ini mengambil tema “Mencari Kegembiraan yang Terarah“.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Dikmentas ( Pendidikan Menengah Atas) Kab. Bantul Drs. Suhirman, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jetis Drs Herman Priyana, Dewan Sekolah SMA Negeri 1 Jetis, K.H. Ahmad Muzamil, Camat Jetis Harso Wibowo, Muspika Jetis, Kepala Sekolah SMA se-Kab. Bantul, Lurah Desa se-Kec. Jetis, para alumnus dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Jetis beserta orang tua. Dan diperkirakan jama’ah yang hadir dalam acara tersebut mencapai 3000-an jama’ah.

Dalam sambutannya Kabid Dikmentas Kab. Bantul Drs. Suhirman menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMA Negeri 1 Jetis atas terselenggaranya kegiatan Ngaji Bareng Cak Nun dan Pagelaran Kyai kanjeng ke 3607 ini. Kabid Dikmentas Kab. Bantul berharap kepada SMA N 1 Jetis untuk dapat meningkatkan prestasi di bidang pendidikan. Menurut Kepala Dikmentas,  prestasi tersebut haruslah terarah secara baik dan punya tujuan yang baik pula. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat tentunya  yaitu “Mencari Kegembiraan yang Terarah“.

Kabid Dikmentas juga menambahkan, penyelenggaraan lustrum ini semoga dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain bahwa dalam penyelenggaraan lustrum dengan mengadakan kegiatan pengajian akan lebih membawa manfaat bagi pendidikan moral para pelajar. Diharapkan dengan pengajian yang terselenggara ini para siswa dan seluruh jama’ah yang hadir dapat mengambil hikmah dan menjadikan kita menjadi manusia yang lebih baik.

Sedangkan inti pengajian yang disampaikan oleh Emha Ainun Nadjib atau yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Nun antara lain bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini dimulai dari yang sederhana, dari yang kecil sampai yang besar yang akan membawa peradaban yang berbeda. Cak Nun mengharapkan agar kita mengembangkan kehidupan anak-anak kita menjadi generasi yang lebih baik. Di dalam kehidupan kita harus bisa menempatkan diri sesuai dengan posisi diri sendiri. Sehingga kita akan tahu dari mana kita memulai berubah untuk menjadi lebih baik karena itu merupakan salah satu tolok ukur untuk mewujudkan pendidikan karakter. 

Cak Nun juga mengingatkan, bahwa dunia ini sudah rusak, saatnya kita untuk menumbuhkan bibit/ bunga untuk kesejahteraan nusantara. Yang berarti memberikan pendidikan yang baik kepada generasi muda. Banyak saat ini orang yang tidak menjadi dirinya sendiri. Sebagai manusia kita harus menjadi diri sendiri, kita harus memahami kita, siapa kita dan harus berbuat apa dengan mempunyai karakter yang baik dan benar.

Selama berlangsungnya kegiatan Ngaji Bareng Cak Nun dan Pagelaran Kyai kanjeng ke 3607 di halaman SMA Negeri 1 Jetis,  Kapolsek Jetis, AKP Sumadi menempatkan personelnya di lokasi kegiatan untuk melaksanakan pengamanan agar kegiatan berjalan dengan lancar, tertib dan aman. (Sihumas Jetis)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger