PENCANANGAN HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEDUNIA DI SDN SENDANGSARI PAJANGAN

Selasa, 11 November 20140 komentar



Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kec. Pajangan mencanangkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia tingkat Kec. Pajangan di SDN Sendansgari Pajangan, Sabtu 8 November 2014 jam 07.00 Wib.

Kegiatan ini diadakan bekerjasma dengan Pemerintah Kec. Pajangan, UPT PPD (Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendidikan Dasar) Pajangan, UPT Puskesmas Pajangan dan Pemerintah Desa Sendangsari.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala UPT PPD Pajangan Edy Susanto, S.Pd. MM, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Ketua TP PKK Kec. Pajangan Purweni Sugiastuti, S.Pd, Kapolsek Pajangan AKP Riwanta, Lurah Sendangsari Muh. Irwan Susanto, Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Muh. Sugeng dan KKN UGM di Pajangan dan ± 300 siswa SD.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan cuci tangan bisa menjadi contoh dan motivasi bagi seluruh siswa untuk melakukan kebiasaan tersebut. Mencuci tangan pakai sabun adalah dasar untuk menerapkan pola hidup bersih dan menjaga kesehatan diri dari serangan penyakit. Diharapkan program mencuci tangan pakai sabun tersebut bukan hanya dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar saja. Kalau bisa bahkan di ajarkan kepada anak-anak TK (taman kanak-kanak) atau PAUD (pendidikan anak usia dini) sehingga pola hidup bersih dan mencuci tangan dengan sabun menjadi kebiasaan dan suatu keharusan bagi anak-anak kita.

Kebiasaan mencuci tangan mampu menurunkan 41 persen risiko diare. Dengan meningkatkan kesadaran mencuci tangan menggunakan sabun, terutama pada anak-anak, maka risiko terkena penyakit diare akan menurun.

Kepala UPT Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH mengajarkan kepada anak-anak siswa SD yang hadir 7 (Tujuh) cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar, kesadaran untuk mencuci tangan harus terus ditingkatkan. Salah satunya dengan program sosialisasi seperti ini. Kemudian acara dilanjutkan praktek cuci tangan pakai sabun dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia diperingai setiap tanggal 15 Oktober.

Kegiatan ini mendapat pengamanan dari personil Polsek Pajangan dan berakhir pada  jam 08.00 WIB situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger