PENTAS JATHILAN KUDA SEMBRANI DI INGKUNG KUALI KALAKIJO DI PAJANGAN

Selasa, 18 November 20140 komentar



Personil Polsek Pajangan dipimpin oleh Bripka Endro N.H mengadakan pengamanan kegiatan pentas kesenian Jathilan Klasik Kuda Sembrani di Desa Wisata Ingkung Kuali Dk. Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul, Minggu 16 November 2014 jam 12.30 WIB.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Kab. Bantul dari Fraksi PAN H. Sadji, S.Pd.I, kepala Dukuh Kalakijo H. Sareh Supandi, Ketua Pemuda-Pemudi Kalakijo Sdr. Dimas. Warga masyarakat yang menyaksikan pentas kesenian Jathilan Klasik Kuda Sembrani sejumlah ± 600 orang.

Jathilan Klasik Kuda Sembrani sudah terkenal dan berasal dari Kleyodan Gadingsari Sanden Bantul pimpinan Bpk. Sayat, sangat  menarik kelompok tersebut memiliki Kuda Jathilan 2 buah yang terbuat dari kulit dan sudah 7 turunan digunakan. Penunggang Jathilannya harus dari keturunan asli tidak bisa dari luar dan saat menunggang Jathilan kuda Sembrani mata penunggangnya langsung tertutup, Ia akan mengikuti gerakkan Kuda Sembraninya kemana akan melangkah, penjelasan Bapak Sayat. Ia menambahkan pentas kesenian Jathilannya pada saat ini direncanakan sejumlah 5 Babak.

H. Sadji, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan keistimewaan Yogyakarta adalah Kesenian dan Kebudayaannya untuk itu kita harus mengangkat Kesenian dan Kebudayaan daerah agar Seni dan Budaya tetap lestari. Ia menyumbangkan Macopat Sekar Dhandang Gulo. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tasyakuran pembangunan di kalakijo sudah dilaksanakan seperti mengecor jalan yang merupakan program pembangunan Pemda Kab. Bantul tahun 2014, selain itu untuk memperingati hari Pahlawan 10 November 2014 dan untuk lebih mengenenalkan Ingkung Kuali yang merupakan ciri khas Desa Wisata Kalakijo Guwosari Pajangan yang gurih dan nikmat.

Ingkung Kuali Kalakijo memeperkenalkan menu Ingkung Kuali dari ayam kampung dan dari burung puyuh yang harganya lebih terjangkau. Sarana dan Prasarana ingkung Kuali kalakijo sedang dalam pembangunan kelengkapan Mushola dan lainnya sudah tersedia. Menurut Kepala Dukuh Kalakijo H. Sareh (Pemilik Ingkung Kuali) Ia bersama pemuda-pemudi Dk. Kalakijo menyelenggarakan pentas Jathilan di Ingkung Kuali Kalakijo bertujuan agar ingkung Kuali lebih dikenal masyarakat luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat kalakijo.

Hingga selesainya kegiatan pada jam 16.00 WIB situasi dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Pajangan)

Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. Humas Polres Bantul - All Rights Reserved
Operator Blogspot : Aiptu Agus Suryanto Published by Humas Polres Bantul
Proudly powered by Blogger